• Berita Terbaru

    February 09, 2019

    elnusanews/com February 09, 2019

    Tingkatkan Hasil Pangan, Wabup Robby Lakukan ‘Demplot’ Penanaman Padi Sawah

    MINAHASA, Elnusanews - Guna meningkatkan hasil pangan di daerah, Bupati Minahasa diwakili Wakil Bupati Minahasa Robby Dondokambey, S.Si melakukan Demontration Plot (Demplot) atau salah satu metode penyuluhan penanaman padi sawah dengan menggunakan Phonska Plus dan Petragonik, di Desa Tincep Kecamatan Sonder, Jumat 8/2/2019.

    Penanaman perdana ini berkat kerjasama antara kelompok tani Gapoktan Songkel serta PT Petrokimia Gersik.

    Dalam sambutanya, Wakil Bupati Minahasa Robby Dondokambey mengatakan bahwa
    Pangan merupakan kebutuhan dasar manusia yang paling hakiki, oleh karena itu kebutuhan pangan di suatu daerah mutlak harus dipenuhi.

    Sehinggah Menurut dia, ketahanan pangan termasuk salah satu prioritas pemerintah, mengingat jumlah penduduk semakin meningkat yang dibarengi dengan kebutuhan pangan yang semakin meningkat pula, sementara ketersediaan lahan terutama lahan sawah semakin sempit karena adanya alih fungsi lahan.

    Wabup juga menjelaskan bahwa khusus di Kabupaten Minahasa Potensi sumberdaya lahan pertanian cukup strategis, dimana mencapai 75.000 Ha, dengan luas lahan sawah 5.500 Ha. Selanjutnya untuk luas sawah di Kecamatan Sonder kata dia mencapai 363 Ha, dengan luas lahan sawah lokasi tanam 84 Ha.

    “Namun pada kesempatan ini dengan di fasilitasi oleh BUMN Petrokimia Gresik bekerjasama dengan 10 kelompok tani ini lahan tanam yang digunakan hanya seluas 5 Ha. kedepan tentunya saya berharap seluruh kecamatan Sonder bahkan Seluruh kecamatan di Kabupaten Minahasa yang memiliki potensi padi sawah dapat dibantu dibuatkan demplot  untuk petani.” Harap Wabup Robby.

    Disamping itu juga dirinya berharap pula penggunaan teknologi dalam pengelolaan hasil pertanian kiranya dapat dimanfaatkan demi meningkatkan produktivitas hasil-hasil pertanian.

    “Di Tahun 2019 ini pemerintah Kabupaten Minahasa telah mengalokasikan anggaran untuk menunjang potensi pertanian, khusus di Kecamatan Sonder dialokasikan untuk 26 kelompok tani berupa bibit padi sawah sejumlah 150 Ha serta beberapa bantuan lainnya yang sejalan dengan visi kami yakni terwujudnya Minahasa yang maju dalam ekonomi dan budaya, berdaulat adil dan sejahtera dan selanjutnya dijabarkan dalam Misi Mewujudkan Kemandirian ekonomi dengan mendorong sektor pertanian perikanan dan pariwisata.

    “Tersedianya semua sarana dan prasarana yang dibutuhkan harus didukung pula oleh sumberdaya manusia yang handal, yaitu unsur teknis dari dinas pertanian untuk membimbing dan membina masyarakat.” Pungkasnya.

    Dalam Kesempatan ini Wakil Bupati Minahasa Robby Dondokambey S.Si bersama PT Petrokimia Gresik Menyerahkan Hadiah Undian Doorprize kepada Masyarakat berupa hand Sprayer dan paket Pestisida.

    Turut dihadiri oleh Mewakili direksi PT. petrokimia Gresik Bpk. Trudo Nainggolan Bpk. Junianto Simaremare Bpk. Asep Sagpul Muslim , Anggota DPRD Kabupaten Minahasa Chintia Keintjem, Kadis Pertanian Ir. Suhban Torar, Camat Sonder Drs. Rouldy Mewoh, Kapolsek Sonder IPTU Stenly Korua, Danramil Sonder Peltu Donny Pasiowan, Kadis Kelautan dan Perikanan Ir. Janny Moniung, Kadis Pekerjaan Umum Novry Lontaan ST, Kabag Humas dan Protokol Setdakab Minahasa Drs Moudy L Pangerapan MAP, Kabag TUP dan Keuangan Setdakab Minahasa Lonna O. K. Wattie SSTP, Hukumtua Sonder Bpk Ronny Dapu, Gabungan Kelompok Tani Songkel Sonder, Para petani Se-Kecamatan Sonder, tokoh-tokoh masyarakat.


    (Jonly bamz)
    • Comments
    • FB Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Tingkatkan Hasil Pangan, Wabup Robby Lakukan ‘Demplot’ Penanaman Padi Sawah Rating: 5 Reviewed By: elnusanews/com
    Scroll to Top