• Berita Terbaru

    September 28, 2016

    elnusanews/com , September 28, 2016

    Bisnis Indonesia Gelar FGD, Olly Beberkan Capaian Pariwisata Sulut

    SULUT,Elnusanews - Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey SE yang tampil sebagai Keynot Speak (Narasumber Utama) dalam Fokus Group Discussion Menuju Pariwisata Berkelanjutan Sulawesi Utara, yang digelar Bank Indonesia Cabang Sulut bersama salah satu Media Nasional di Sintesa Peninsula Manado, Rabu (28/09/2016). Membeberkan kiat-kita khusus membangun Sulawesi Utara melalui sektor pariwisata.

    Sejak dilantik sebagai Gubernur Sulawesi Utara, saya melihat APBD kita  sangat kecil, dalam menggerakan roda ekonomi daerah ini, ditambah lagi Sulut tidak masuk dalam 10 besar destinasi pariwisata nasional.
    Dalam proses perjalan sesuah dilantik saya sering berdiskusi dengan teman-teman di Jakarta, baik dari dikalangan Menteri, pakar marketing Herman Kertajaya, Owner Lion Air Rusdi Kirana hingga Presiden Jokowi. Tidak hanya sampai disitu saya juga bertemu presiden dan Perdana Menteri China, hasilnya mendapat kesimpulan untuk
    mendorong majunya daerah Sulut harus melalui pariwisata.

    Alasannya, kalau kita dorong sektor pariwisata langsung terlihat perputaran ekonomi masyarakat, beda dengan membangun pabrik, bisa menunggu sampai tiga tahun lamanya baru terlihat hasilnya.
    Karena itu Pemprov Sulut sungguh-sungguh mendoring aektor pariwisata ini, agar kedepan Sulut bisa memberi sumbangai nyata bagi perekonomian Indonesia, ujar Dondokambey.

    Olly juga mengungkapkan alasan mengapa China menjadi pasar wisata Sulut, karena jarak tempuh dengan negara-negara seperti China, Jepang dan Korea lebih dekat, karena kita berasa di bibir pasifik, (sesuai data Angkara Pura dan Imigrasi).

    Namun demikian Olly mengakui, datangnya  ribuan turis Tiongkok ini sedikit mengalami kendala dalam pengurusan ijin Visa dan  Imigrasi termasuk pelayanan restoran dan hotel.

    Olly menyebutkan, guna mengatasi persoalan ijin Visa Bandara Internasional Sam Ratulangi kini telah menjadi Nandara nenas Visa, sementara untuk Imigrasi karena petugasnya masih sedikit, sehingga siang malam mereka berupaya melayaninya.

    Demikian pula dengan pelayanan restoran masih ada yang kotor, serta pelayan belum memberikan pelayanan yang baik. Sementara hotel semena-mena manaikan harga sehingga membuat turis mengeluh.

    Gubernur juga menyebutkan, infrastruktur penunjang pariwisata kita masih sangat kurang."Ibarat sarang laba-laba saya sudah jualan kemana-mana nanum infrastruktur wisata kita memang masih kurang, karena yang punya destinasi adalah Kota/Kabupaten, karena itu Pemprov terus bersinergi untuk membangun fasilitas peninjang pariwisata ini, termasuk meminta bantuan pemerintah pusat guna membantu pariwisata kita disini," katanya.

    "Sementara terkait dengan masalah Bunaken, terus kita bangun, agar para wisatawan yang datang bisa merasa puas dan ma kemali lagi," pungkasnya.

    (ROKER)
    • Comments
    • FB Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Bisnis Indonesia Gelar FGD, Olly Beberkan Capaian Pariwisata Sulut Rating: 5 Reviewed By: elnusanews/com
    Scroll to Top