• Berita Terbaru

    August 09, 2018

    elnusanews/com August 09, 2018

    Dibuka Tumundo, Lomba Dongeng Cerita Rakyat Minahasa Diikuti 50 Pelajar

    MINAHASA, Elnusanews - Lomba Dongeng Cerita Rakyat Daerah Minahasa resmi berlangsung pada Kamis, 9 Agustus 2018 siang tadi, yang dibuka secara resmi oleh Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Minahasa Agustivo Tumundo SE MSi, bertempat di objek wisata dan budaya Benteng Moraya Tondano.

    Lomba yang akan berlangsung selama 2 (dua) hari yang digelar oleh Balai Pelestarian Nilai Budaya (BPNB) Provinsi Sulut ini, mengangkat tema “Budaya Lokal Dalam Upaya Pembentukan Karakter Bangsa”.

    Diawali dengan Laporan Ketua Panitia Heribertus Merung SE, Pembukaan kegiatan ini turut dihadiri oleh Kepala Bidang Kesenian Disbudpar Dra Letty Purukan, Kepala Seksi Sejarah dan Nilai Tradisional Disbudpar Hendra Lumintang SS, jajaran Balai Pelestarian Nilai Budaya Sulut, para Juri dan undangan lainnya, yang diikuti oleh 50 orang peserta utusan berbagai Sekolah di Kabupaten Minahasa.

    Dalam sambutannya, Kadis Budpar Agustivo Tumundo memberikan apresiasi atas pelaksanaan kegiatan ini yang menetapkan Kabupaten Minahasa sebagai lokasi acara.

    “Selaku Pemerintah, kami sangat mengapresiasi atas pelaksanaan kegiatan ini, apalagi lomba ini digelar di salah satu objek wisata yang mempunyai nilai sejarah dan budaya Minahasa yaitu Benteng Moraya ini” kata Tumundo.

    Dikatakan Tumundo bahwa berbagai upaya dan program nyata Pemerintah telah dilakukan dalam upaya melestarian kebudayaan daerah dan memajukan kebudayaan secara nasional, diantaranya dengan dibangunnya Monumen Benteng Moraya ini, serta menata berbagaj objek sejarah dan budaya lain yang berada di wilayah Kabupaten Minahasa.

    “Pengertian Kebudayaan menurut UU Nomor 5 Tahun 2017 tentang Pemajuan Kebudayaan adalah segala sesuatu yang berkaitan dengan cipta, rasa, karsa dan hasil karya masyarakat. Apa yang adik-adik hasilkan melalui Lomba Dongeng Cerita Rakyat Minahasa ini akan menjadi suatu karya abadi yang tentunya sudah berperan dalam upaya pemajuan kebudayaan secara nasional” urai Tumundo.

    Tumundo mengharapkan agar melalui Lomba Dongeng Cerita Rakyat Minahasa ini akan melahirkan suatu karya terbaik dari para peserta sebagai bagian dari generasi muda Minahasa, yang diharapkan pula akan turut disebarluaskan ke berbagai kalangan, sehingga upaya pelesatarian nilai budaya Minahasa  turut terwujud.

    Selesai acara pembukaan, para peserta diajak untuk melihat ukiran marga-marga Minahasa yang tercantum dalam Amphitheater Benteng Moraya, yang dilanjutkan dengan pelaksanaan lomba.


    (Jonly bamz)
    • Comments
    • FB Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Dibuka Tumundo, Lomba Dongeng Cerita Rakyat Minahasa Diikuti 50 Pelajar Rating: 5 Reviewed By: elnusanews/com
    Scroll to Top