• Berita Terbaru

    August 13, 2018

    elnusanews/com , August 13, 2018

    Wujudkan Program OD-SK, Disbud Gencar Promosikan Kain Koffo Sebagai Salah Satu Warisan Budaya

    pendiri COFO INDONESIA, Cindy Wowor, SE, MM
    SULUT,Elnusanews - Untuk mewujudkan Program Pembangunan OD-SK di bidang kebudayaan, Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara melalui Dinas Kebudayaan Daerah, gencar melakukan promosi kain tradisional koffo asal kabupaten Sangihe dan Talaud yang telah mendapatkan pengakuan dari pemerintah sebagai salah satu kekayaan warisan budaya tak benda di Indonesia.

    Adapun promosi kain tradisional koffo, antara lain diikutsertakan dalam beberapa pameran seperti  Asian textiles Exhibition" Sharing Roots Growth, Celebrating Asia'Textile Tradition"yang dilaksanakan pada tanggal 9 Agustus-9 September 2018 di Museum Tekstile Jakarta.

    Kepala Dinas Kebudayaan Daerah Provinsi Sulawesi Utara Fery Sangian, S.Sos, MAP, menjelaskan bahwa keikutsertaan dalam promosi kain tradisional koffo di pameran tersebut sudah menjadi program kerja tahun 2018 untuk mewujudkan Sulawesi utara  yang kaya akan keragaman seni dan kreativitas karya budaya dan sebagai upaya perlindungan,pengembangan dan pemanfaatan warisan budaya.

    "Dalam promosi kain tradisional koffo itu, Dinas Kebudayaan Daerah Provinsi Sulawesi Utara bekerja sama dengan COFO INDONESIA  yang melakukan revitalisasi kembali kain koffo melalui penggunaan  bahan kapas dan modern lainnya dengan tetap mempertahankan ragam hias asli koffo serta modifikasi baru yang dikembangkan," tambah Ferry Sangian, kepada elnusanews.com, belum lama ini.

    Selanjutnya pendiri COFO INDONESIA, Cindy Wowor, SE, MM menjelaskan bahwa  pameran itu diselenggarakan untuk "mencerahkan" pengetahuan masyarakat tentang textile tradisional dari negara-negara asia sekaligus juga sebagai rangkaian kegiatan untuk  mensukseskan pesta olahraga ASIAN GAMES ke 18 Tahun 2018.

    "Saya vangga kain tradisional koffo dari sulawesi utara terpilih untuk dipamerkan dan disejajarkan dengan kain tradisional lainnya dari negara-negara ASIA," ungkap Cindy Wowor.

    "Bahkan dua kain koffo milik COFO INDONESIA yang telah berusia lebih dari 90 tahun, terbuat dari serat abaka dengan corak supplementary weft di tampilkan," tandas Cindy  Wowor.

    (ROKER)
    • Comments
    • FB Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Wujudkan Program OD-SK, Disbud Gencar Promosikan Kain Koffo Sebagai Salah Satu Warisan Budaya Rating: 5 Reviewed By: elnusanews/com
    Scroll to Top