• Berita Terbaru

    September 08, 2018

    elnusanews/com , September 08, 2018

    Delegasi Filipina Bahas Kerjasama Penerbangan dengan OD-SK

    SULUT,Elnusanews - Wakil Gubernur Sulawesi Utara Steven menerima delegasi  Filipina yang dipimpin oleh  Asisten Sekretaris Otoritas Penbangunan Mindanao, Romeo Montenegro, Konsul Muda Manuel C Ayap, Konsulatan Jendral Filipina di Manado, Charlie TYu Fhilippine Airlines , ( ketua group.) Enrico Nabongi Fhilippine Airlines  Manila, Bryan Sansolis Fhilipine Airlines Jakarta  Jeremiah Reyes Atase Perdagangan Jakarta dan  Perwakilan dari  PAL Express di Kantor Gubernur  jumat  ( 7/9/18 ) siang kemarin

    Pertemuan itu untuk membicarakan kerjasama antar dua wilayah tersebut.
    antara lain terkait penerbangan Manado-Davao.

    Menurut Wagub Kandpuw ,mereka (delegasi) Filipina  lihat potensi bagus, akan dibuka penerbangan Davao ke Sulut. Karena sudah  mereka lihat Sulut sudah menjadi hubport domestik maupun luar negeri.

    Selain penerbangan, dalam pertemuan tersebut ikut membicarakan terkait kapal RoRo. Diakui mereka kapal pengangkut barang tersebut terlalu terburu-buru dibuat.

    “Kunjungan tadi, mereka mau tingkatkan hubungan bisnis antara Filipina Selatan Mindanao dengan Sulawesi Utara. Mereka akui persiapan RoRo terlalu terburu-buru, kapalnya terlalu besar, nanti akan diganti dengan yang kecil,” ungkap.Wagub Kamdouw

    Menariknya lagi, dalam pertemuan itu membicarakan terkait masalah perikanan.

    “Ternyata dituduh illegal fishing sehingga regulasi moratorium oleh Ibu Susi (Menteri Kelautan). Dampaknya ada investasi di Filipina ditutup. Makanya, kita akan duduk bersama membicarakan itu, agar menguntungkan kedua belah pihak,” kata Wagub Kandouw

     Dalam kesempatan tersebut kesempatan itu juga mereka sempat mengapresiasi pertumbuhan pariwisata Sulut, dimana sesuai pantauan mereka melalui Duta Besar Filipina di Bali, banyak Wisatawan Mancanegara (Wisman) yang melakukan perjalanan ke Manado setelah berkunjung di Bali.

    Untuk itu mereka berharap diwaktu kedepan penerbangan-penerbangan Wisman baik dari Bali, Jakarta dan lainnya bisa transit di Manado dan meneruskan perjalanan ke Filipina.

    Mereka mengakui gebrakan pak Gubernur yang membuat banyak wisman masuk ke Sulut, contohnya dari data yang mereka miliki dari Dubes Filipina untuk Bali yang mengatakan banyak Wisman yang dari Bali melakukan penerbangan ke Manado sebelum pulang ke negara mereka, untuk itu mereka berharap agar diwaktu kedepan wisman yang datang ke Sulut bisa lanjut ke Filipina, jelas Wagub.
     
    (ROKER)



    • Comments
    • FB Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Delegasi Filipina Bahas Kerjasama Penerbangan dengan OD-SK Rating: 5 Reviewed By: elnusanews/com
    Scroll to Top