• Berita Terbaru

    February 02, 2019

    elnusanews/com February 02, 2019

    Bapelitbangda Tomohon Gelar Konsultasi Publik RKPD Tahun 2020

    TOMOHON, Elnusanews - Pemerintah Kota Tomohon melalui Badan Perencanaan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bapelitbangda) menggelar kosultasi publik Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun 2020, bertempat di Grand Master Resort Kakaskasen Satu Tonohon, Jumat 1/2/2019. 

    Walikota Jimmy F. Eman, SE. Ak yang diwakili oleh Sekertaris Kota Ir. Harold Lolowang, M.Sc selain membuka kegiatan juga didaulat sebagai pemateri mengatakan Sebagai dokumen resmi pemerintah daerah, RKPD mempunyai kedudukan yang strategis yaitu menjembatani perencanaan strategis jangka menengah dengan perencanaan dan penganggaran tahunan. Oleh sebab itu, lanjutnya proses penyusunan RKPD Kota Tomohon tahun 2020 dilakukan secara sistematis, terarah, terpadu dan tanggap terhadap perubahan dalam penyusunannya.

    Menurut Lolowang, selama ini Pemerintah Kota Tomohon melakukan suatu terobosan dalam hal perencanaan yang juga menunjang program Emas melalui pelaksanaan e – Goverment yaitu dengan membuat suatu sistem perencanaan berbasis website yang dikenal dengan nama Si Andal Tom yakni Sistem Informasi Perencanaan dan Pelaporan Kota Tomohon,  

    “Dimana didalamnya memuat beberapa aplikasi antara lain; e-Pokir, e-Proposal, e-Musrenbang, e-Renja, e-RKPD, dan e-Report, sehingga dapat mempermudah penyusunan dokumen perencanaan dalam hal ini penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah Kota Tomohon tahun 2020.” Terangnya.

    Lanjut dikatakanya, Forum ini mempedomani kebijakan Nasional dan Provinsi, mendorong potensi daerah sehingga terwujud pengembangan potensi dan ekonomi yang bermuara pada peningkatan kesejahteraan masyarakat, konsistensi dalam perencanaan dan pelaksanaan, serta sinergitas program. 

    “Saya berharap berbagai pemikiran, masukan, saran dalam penyempurnaan rancangan awal RKPD saat ini dapat bermanfaat untuk kemajuan Kota Tomohon.” Harap Lolowang.   

    Sementara Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Tomohon selaku pemateri kedua mengungkapkan bahwa pihaknya mengapresiasi pemerintah Kota Tomohon yang terus bersinergi dengan pihaknya sehingga pembangunan di Kota Tomohon dalam segala bidang dapat berjalan dengan baik, anatara lain bidang Kesehatan dan Pendidikan.  

    Dikesmpatan ini juga, Wenur mengungkapkan bahwa pihaknya akan terus mendorong bidang Pariwisata. Sebab Pariwisata juga sesuai visi misi Walikota dan Wakil Walikota Tomohon untuk menjadikan Kota Tomohon sebagai Kota Destinasi Wisata dunia. 

    Tentunya, menurut Wenur hal ini tentu harus didukung dengan kualitas sumber daya manusia, masyarakatnya termasuk peningkatan kapasitas ASN, tujuannya adalah untuk kemajuan Kota Tomohon dan kesejahteraan masyarakatnya. 

    Sebelumnya Kepala Bapelitbangda Ir. Ervinz Liuw, M.Si dalam laporannya menjelaskan bahwa kegiatan ini dilaksanakan untuk mengkomunikasikan dan mengkoordinasikan rencana pelaksanaan pembangunan yang mampu menjawab isu-isu strategis serta untuk mendapatkan masukan dan saran guna penyempurnaan rancangan awal RKPD Kota Tomohon tahun 2020. Dimana menurut dia rancangan awal RKPD ini akan menjadi pedoman dalam pelaksanaan musrenbang RKPD tingkat kecamatan dan sebagai acuan, penyempurnaan rancangan awal Rencana Kerja Perangkat Daerah (Renja-PD).  

    Diakhir kegiatan dilakukan penandatanganan berita acara Konsultasi Publik RKPD Tahun 2020. 

    Kegiatan ini juga dihadiri Wakil Ketua DPRD Kota Tomohon Youddy Moningka SIP, anggota DPRD Piet Pungus SPd, Frets Keles ST, Erens Kereh. Hadir juga Asisten Kesra Setda Kota Tomohon Drs O D S Mandagi bersama Asisten Perekonomian Max Mentu SIP MAP, para tokoh agama dan masyarakat, bersama unsur Perangkat Daerah. 

     (Jonly bamz)  
    • Comments
    • FB Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Bapelitbangda Tomohon Gelar Konsultasi Publik RKPD Tahun 2020 Rating: 5 Reviewed By: elnusanews/com
    Scroll to Top