• Berita Terbaru

    February 06, 2019

    elnusanews/com , February 06, 2019

    Birokrat Handal Christiano Talumepa Kandidat Kuat Pilwako Manado 2020

    Christiano Talumepa.
    SULUT,Elnusanews - Pemilihan Walikota Manado tak terasa sudah  tidak lama lagi, tahun 2020 sudah di depan mata dan nama Christiano Talumepa kini mulai muncul sebagai salah satu kandidat.

    Christiano Talumepa merupakan Birokrat Karir Profesional yang sudah banyak pengalaman beliau mantan Asisten III Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) yang sebelumnya menjabat Kepala Biro Hukum Setda Prov. Sulut, Kadis Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Kepala Badan Lingkungan Hidup, Kadis Koperasi UMKM Pemprov Sulut.

    Dilihat dari sebagian pengalamannya, Christian Talumepa (Christal) dapat disebut sebagai seorang birokrat muda yang bersih dan punya karir bersinar.

    Berikut sebagian rekam jejak Christiano Talumepa dalam karir birokratnya: Christiano pernah mendapat predikat sebagai Kepala Biro Hukum termuda di Indonesia yang mampu menyelesaikan banyak permasalahan hukum saat itu termasuk menyelamatkan aset-aset pemerintah daerah yang menjadi objek gugatan dan juga melakukan pengkajian penyusunan produk hukum daerah serta mengevaluasi produk hukum kabupaten kota sebelum di tetapkan dan diberlakukan sebagai regulasi daerah.

    Christiano juga pernah menjadi Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi yang sempat meresahkan pemilik perusahaan baik swasta maupun BUMN dan BUMD karena kebijakan-kebijakannya yang mewajibkan setiap perusahaan untuk melakukan perlindungan hak-hak tenaga kerja/karyawan, seperti kewajiban perusahaan melakukan pemeriksaan kesehatan tenaga kerja dan UMP yang layak, sehingga melahirkan UMP tertinggi di Indonesia timur setelah Papua dengan prestasi zero accident/nol kecelakaan kerja.

    Tak hanya itu, saat menjabat Kepala Badan Lingkungan Hidup, Christiano pun mewajibkan setiap usaha/kegiatan perusahaan untuk wajib memiliki AMDAL/Analisis Dampak Lingkungan dan membentuk Tim Pengawasan dan Penegakan Hukum Terpadu yang melakukan pemeriksaan terhadap pelaku usaha yang nakal.

    Pada usia 44 tahun, Christiano Talumepa menjadi Asisten III termuda di Indonesia serta mampu menyelesaikan masalah temuan BPK yang sudah menjadi konsumsi publik karena di sorot semua media saat itu hingga Pemerintah Provinsi Sulut dapat meraih kembali penilaian WTP dari Badan Pemeriksa Keuangan Negara (BPK).

    Christiano juga punya pengalaman sebagai Ketua Tim Evaluasi PERDA APBD Kabupaten/Kota dan PERDA tentang kelembagaan Kabupaten/Kota.

    Christal pun diketahui pernah menjabat sebagai Kepala Dinas Koperasi dan UKM, dan ditangannyalah permasalahan 5 kepemimpinan PUSKUD yang sudah berlarut larut tak terselesaikan oleh 5 Kepala Dinas sebelumnya dapat diselesaikan menjadi 1 kepengurusan.

    Saat ini, Gubernur Olly Dondokambey mempercayakan Christiano Talumepa sebagai Policy Advisor Gubernur atau penasihat kebijakan Gubernur dalam jabatan sebagai Staf Ahli bidang Pemerintahan, hukum dan politik, yang sehari-hari mendampingi Gubernur untuk memberikan saran dan pertimbangan agar kebijakan pemerintahan yang diambil tidak berdampak hukum dan politik, juga menurut informasi yang kami dapatkan dari pejabat di Badan Kepegawaian Daerah bahwa pak Christiano Talumepa bulan April setelah Pilpres nanti akan di lantik dalam jabatan yang baru menjadi Kepala Dinas di salah satu Dinas yang ada di Pemprov.

    Dalam karir kepangkatan, Christal pernah mendapat kenaikan pangkat prestasi kerja luar biasa 4D, yang diusulkan oleh Gubernur ke BKN Pusat dan diuji oleh 5 pejabat eselon 1 ( Sestama dan para Deputi) yang dipimpin langsung oleh Kepala BKN PUSAT dan pejabat setingkat Menteri.

    Karier kepangkatan 4D yang mestinya diraih oleh seorang PNS dalam masa kerja dinas 30 tahun, diraih dalam jangka waktu dinas 17 tahun 6 bulan dan rekor kepangkatan seperti ini masih langka di Indonesia.

    (ROKER)
    • Comments
    • FB Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Birokrat Handal Christiano Talumepa Kandidat Kuat Pilwako Manado 2020 Rating: 5 Reviewed By: elnusanews/com
    Scroll to Top