• Berita Terbaru

    February 18, 2019

    elnusanews/com February 18, 2019

    IKISST Sukses Gelar Tulude di Munte

    MINUT, Elnusanews-- Perayaan pesta adat Tulude yang digelar Ikatan Kekeluargaan Indonesia Sangihe Sitaro Talaud (IKISST) Kabupaten Minahasa Utara (Minut) berlangsung sukses dan meriah. Kegiatan tradisi budaya warga Nusa Utara itu dipusatkan di Desa Munte, Kecamatan Likupang Barat, Sabtu akhir pekan lalu. Ribuan warga keturunan Kepulauan tumpah ruah memadati areal pesta tahunan tersebut.

    Ketua IKISST Minut Denny Wowiling saat menyampaikan sambutannya mengatakan, pesta adat Tulude ini sudah menjadi roh dan nyawa warga Nusa Utara. Kata dia, tradisi leluhur ini wajib dilestarikan dan dikembangkan. Namun, menurutnya hingga kini budaya Tulude masih mengakar bagi warga keturunan Sangihe Talaud, buktinya meski sudah tinggal jauh dari negeri asal, masyarakat Nusa Utara yang ada diluar terus menjaga dan menggelar setiap tahunnya.

    "Saya ini keturunan Sangihe Talaud dari ibu. Kedua nenek dan kakek keduanya asli warga Kepulauan. Dan saya sudah sejak lama terlibat dalam organisasi warga Nustar. Sehingga itu saya menekankan agar generasi masa depan dapat tetap mempertahankan dan mengembangkan budaya Tulude, jangan sampai peninggalan berharga dan bernilai sejarah tinggi ini hilang ditelan kemajuan zaman,"ujar Dewo yang diketahui Caleg DPRD Provinsi dapil Minut-Bitung.

    Ia menambahkan, berbagai pagelaran diramaikan pada kegiatan Tulude ini. Mulai dari masamper, paduan suara ibu-ibu serta pemotongan kue tamo yang menjadi ciri khas tradisi budaya Tulude. Tak hanya itu, pentasan lagu-lagu Nusa Utara juga dinyanyikan."Bagi warga Nustar khususnya yang ada di Minahasa Utara kami harapkan agar tradisi begitu hebat dan mendalam ini agar tetap dirawat sampai kapanpun,"terang Dewo.

    Diketahui hadiri Pengurus Provinsi IKISST Winsulangi Salindehe, anggota DPRD Minut Moses Corneles yang juga pengurus, Abraham Eha anggota DPRD Minut, Bawaslu Minut serta jajaran pemerintah Kabupaten Minahasa Utara yang diwakili Asisten III. (Tommy)
    • Comments
    • FB Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: IKISST Sukses Gelar Tulude di Munte Rating: 5 Reviewed By: elnusanews/com
    Scroll to Top