• Berita Terbaru

    February 13, 2019

    Elnusa News , February 13, 2019

    Tiga Komoditi Unggulan Sulut Kantongi Sertifikat Indikasi Geografis

    Kepala Dinas Perkebunan Daerah Sulut Refly Ngantung 

    SULUT,Elnusanews - Kepala Dinas Perkebunan Daerah Sulut Refly Ngantung menyatakan saat ini ada tiga komoditi unggulan di provinsi Sulawesi Utara sudah mengantongi sertifikat Indikasi Geografis (SIG) dari pemerintah pusat.
    Pernyataan Kadis Perkebunan Daerah Sulut kepada elnusanews.com, Rabu (13/2/2019).
    Lanjut Ngantung Sertifikat Indikasi Geografis (SIG) itu sangat penting untuk menjaga harga dan nilai jual dari 3 komoditi tersebut.
    "3 komoditi kita yang mendapatkan SIG, adalah Cengkih dari Kabupaten Minahasa, Pala dari Kabupaten Sitaro dan Kopi Robusta dari Kota Kotamobagu. SIG ini menyangkut, pengakuan terhadap kualitas dan mutu komoditi. Serta menjadi komoditi potensial yang memiliki kekayaan intelektual. Ini sangat penting dalam peningkatan harga jual terhadap komoditi kita," tutur Ngantung.
    Ngantung juga mengatakan, SIG juga diperuntukkan sebagai suatu tanda yang menunjukkan daerah asal suatu barang, yang karena faktor lingkungan termasuk faktor alam, faktor manusia, atau kombinasi dari kedua faktor tersbut, memberikan ciri dan kualitas tertentu pada barang yang dihasilkan. Sehingga menurutnya, kualitas 3 komoditi Sulut ini tidak bisa diklaim daerah lain.
    "Mendapatkan SIG ini dari pemerintah pusat, bukan hal yang mudah. Kita harus menyediakan berbagai dokumen pembuktian serta tes uji mutu. Namun karena tiga komoditi yang menanjadi unggulan dan 90 persen di ekspor. Maka legitimasi kualitas komoditi bisa kita dapatkan. Untuk kopi robusta juga kita mendapatkan sertifikat organik," bebernya.
    Pala dan Cengkeh juga menurut Ngantung menjadi gantuan hidup petani di daerah kepulauan. Karena itu, dengan adanya SIG proyeksi peningkatan Nilai Tukar Petani (NTP) di Sulut bisa terwujud. Selain itu juga pemerintah pusat telah resmi mendaftarkan 1 produk unggulan kelapa baru asli Sulut. Yang membuat panen petani kelapa bisa meningkat.
    "Bukan hanya 3 komoditi ini yang mendapatkan perhatian pemerintah pusat. Ada juga jenis varietas kelapa dalam baru yang terdaftar dengan nama ODESKA Lobu. Yang dikembangkan melalui beberapa uji coba dengan pihak Balai Palma. Dan sekarang telah terdaftar serta mendapat pengetahuan pusat. Jenis varietas ini bisa menghasilkan buah lebih dari 50 persen dibandingkan kelapa yang biasa," kuncinya.

    (Roker)

    • Comments
    • FB Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Tiga Komoditi Unggulan Sulut Kantongi Sertifikat Indikasi Geografis Rating: 5 Reviewed By: Elnusa News
    Scroll to Top