• Berita Terbaru

    August 08, 2019

    Elnusanews August 08, 2019

    Potensi Kelapa Di Sulut Jadi Agenda Penting Aleg DPRD Lakukan Kunker Di Hungaria



    MANADO,Elnusanews -- Provinsi Sulawesi Utara (SULUT) telah lama dikenal sebagai salah satu daerah sentra penghasil produk olahan dari tanaman kelapa (Cocos Nucifera) di Indonesia. Jumlah produksi kelapa di Sulawesi Utara sangatlah besar. Pada tahun 2017, produksi kelapa dari perkebunan rakyat di Sulut mencapai 255 ribu ton dengan luas areal 271 ribu hektar (Data BPS Provinsi Sulut tahun 2018).

    Berangkat dari hal tersebut, tiga legislator DPRD Sulut yakni, Marthen Manopo, Raski Mokodompit dan Billy Lombok menjadi pembahasan yang penting saat melakukan kunjungan kerja di Budapest, Hungaria.

    Menurut Raski, dengan populasi penduduk kurang lebih 10,2 juta jiwa, konsumsi kelapa di Negara tersebut sangat besar karena masyarakat di sana menggunakan kelapa sebagai pemanis pengganti gula.

    “Ini menjadi pembahasan serius kami saat melakukan diskusi dengan Duta Besar Indonesia di Hungaria, bapak Abrurachman Hudion atau yang lebih akrab disapa, pak Dimas Wahab. Dengan potensi kelapa kita, ini bisa dimanfaatkan karena bukan hanya sekedar dijadikan kopra atau makanan, tapi juga bisa dimanfaatkan sebagai pemanis seperti di Hungaria,” terang Raski, Kamis (8/8/2019).

    Dari diskusi tersebut, menurut Raksi, melalui Dubes Sulawesi Utara diundang untuk ikut serta pada food festival di Budapest, ibukota Hungaria dengan mengangkat masakan dengan bahan baku dari kelapa.
    “Apalagi dengan harga kopra yang sangat di bawah, hasil kelapa kita bisa dimanfaatkan untuk bahan makanan lain,” tambah Billy Lombok.

    Topik lain yang terangkat adalah masalah pariwisata. Dimana menurut Marthen Manopo, Sulut harus mencontoh pariwisata Hungaria dengan melakukan banyak pembenahan.

    “Potensi wisata Sulut sudah banyak dikenal dunia. Sudah terangkat beberapa tahun lalu, tapi kemudian tenggelam. Harus mencontohi Hungaria yang terus berbenah, dengan menata, menjaga, memperindah serta dipasarkan ke luar dengan masiv,” kata dia.

    Wakil ketua DPRD Sulut itu menambahkan, kunjungan wisata di Hungaria sangat tinggi, karena memanfaatkan sumber daya alam dan sumber daya manusia dengan maksimal.

    “Bayangkan saja, dengan jumlah penduduk kurang lebih 10 juta, kunjungan wisata di Hungaria mencapai 20 juta sampai 50 juta per tahun. Masyarakatnya ramah, dan objek wisata terjaga dengan baik. Ini patut dicontoh Sulut,” tambah politisi Partai Demokrat itu.

    Ketiga legislator itu menjadi salah satu dari tiga rombongan DPRD Sulut yang melakukan kunjungan kerja di Eropa tengah. Mereka berkunjung ke Hungaria dan disambut langsung oleh Dubes RI, dan dibawa meninjau langsung pasar tradisional dan UMKM. (RaKa)
    • Comments
    • FB Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Potensi Kelapa Di Sulut Jadi Agenda Penting Aleg DPRD Lakukan Kunker Di Hungaria Rating: 5 Reviewed By: Elnusanews
    Scroll to Top