• Berita Terbaru

    January 25, 2018

    Raka Kasim January 25, 2018

    Sepekan Lakukan Coklit Data Pemilih, Ini Kendala Yang Dihadapi PPDP

    Foto: PPDP Desa Langi Saat Melakukan Coklit

    Bolmut, Elnusanews – Setelah sepekan melaksanakan tuga dalam rangka mencocokkan dan meneliti (Coklit) data wajib pilih di Kabupaten Bolaang Mongondow Utara, perjalanan Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) ternyata tidak berjalan mulus. Banyak kendala yang ditemui petugas PPDP yang didampingi oleh PPS dan Panwas Lapangan ketika melakukan pendataan. 

    Hal ini seperti yang dikatakan salah seorang petugas PPDP di Desa Langi Kecamatan Bolangitang Barat Reki Patilima,S.Kom yang diwawancarai awak Elnusanews pada Kamis (25/01/2018).

    Menurut Reki, kebanyakan permasalahan yang ditemui di lapangan karena masih banyaknya data kependudukan yang tidak lengkap. 

    “Dalam proses pendataan, permasalahan yang ditemui di lapangan adalah tentang data kependudukan. Ada yang mengatakan sudah tercecer, ada yang memang belum melakukan pengurusan dan lain-lain. Sementara, kami harus melakukan pendataan faktual dengan cara mencocokkan data yang dibuktikan dengan dokumen-dokumen tadi (E-KTP, Kartu Keluarga atau Surat Keterangan dari Dukcapil). Selain itu, kami juga menemui kesulitan melakukan pendataan warga yang tidak berada di tempat (sedang bekerja atau berada d luar kota),” jelasnya.

    Reki menambahkan bahwa temuan-temuan di lapangan ini akan dilaporkan kepada petugas di KPUD Bolmut. “Seluruh Temuan ini akan kami laporkan di KPUD Bolmut. Nanti akan ada keterangan yang kami berikan jika terdapat permasalahan seperti masyarakat yang belum memiliki E-KTP, Surat Keterangan dari Capil ataupun Kartu Keluarga,” jelasnya.

    Dihubungi terpisah, salah seorang Komisioner KPUD Bolmut Lukman Daimasiki mengatakan bahwa seluruh laporan ini kemudian akan segera dilaporkan di Dinas Dukcapil Bolmut. 

    “Sekarang ini kami memang sedang melakukan monitoring. Seluruh temuan dilapangan akan kami teruskan kepada Dinas Dukcapil Bolmut agar permasalahan-permasalahan mengenai data kependudukan tadi dapat segera teratasi,” terangnya.

    Lukman juga mengajak kepada seluruh masyarakat Bolmut agar berperan aktif dalam rangka mensukseskan program pendataan ini. 

    “Kepada seluruh masyarakat, marilah kita bersama-sama berperan aktif dalam rangka mensukseskan program pendataan ini. Kami berharap bahwa dengan adanya program Coklit ini, tidak akan ditemukan lagi wajib pilih yang tidak dapat menggunakan Hak Suaranya karena tidak terdata,” pintanya. (AK)
    • Comments
    • FB Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Sepekan Lakukan Coklit Data Pemilih, Ini Kendala Yang Dihadapi PPDP Rating: 5 Reviewed By: Raka Kasim
    Scroll to Top