• Berita Terbaru

    January 11, 2019

    Elnusanews January 11, 2019

    Deprov Sulut Apresiasi Penanganan DBD Di RSUP Prof Kandouw



    MANADO,Elnusanews - Ketua Komisi IV DPRD Provinsi Sulawesi Utara (SULUT) James Karinda SH. MH, memberi apresiasi kepada pihak RSUP Prof Kandouw Malalayang terkait penanganan penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) yang akhir-akhir ini merebak.

    Hal ini disampaikan Karinda, saat diwawancarai oleh wartawan, Jumat (11/01) siang, seusai melakukan sidak serta memantau langsung kondisi pasien penderita DBD yang dirawat di Rumah Sakit Prof Kandouw Malalayang dan Puskesmas Bahu Manado. RSUP Prof Kandouw.

    Dikatakan Karinda, dari hasil wawancara ke beberapa pasien yang ditemui, semua mengaku mendapatkan pelayanan yang baik, dan semua pengguna KIS dan BPJS tidak dipungut biaya alias gratis, ini patut diapresiasi.

    Sementara itu, terkait adanya keluhan keluarga pasien yang menilai ada kelalaian pihak rumah sakit yang lebih mendahulukan administrasi daripada penanganan kesehatan pasien, Direktur rumah sakit Prof Kandouw Malalayang Dr Jimmy Panelewen membantah, menurutnya pelayanan yang dilakukan yakni mendahulukan kondisi pasien yang masuk, dan protap yang dilaksanakan memang seperti itu. 

    "Untuk mengetahui status pasien akan diarahkan keruangan mana, tentu harus dilakukan pemeriksaan, sehingga hal yang tidak mungkin jika pihak rumah sakit lebih mengutamakan administrasi, kalau dilakukan bersamaan iyah," papar Panelewen, kepada wartawan.

    Pasien yang terinveksi virus Aedes aegypti dan Aedes albopictus, yang dirawat dirumah sakit diakui terus bertambah meski sudah tertangani, namun ini perlu diwaspadai, sebab dari pantauan di Puskesmas Bahu Manado juga ada pasien yang dirujuk ke rumah sakit karena ada gejala DBD sebanyak 13 orang

    Disisi lain, Kepala Instalasi Gawat Darurat (IGD) Dr Melke Tomboimbela mengatakan 
    di RSUD Prof Kandouw misalnya sampai  Januari 2019 sudah ada 75 pasien yang di rawat dan ada 3 pasien yang meninggal.

    "Upaya penanganan sudah optimal dilakukan oleh Rumah Sakit, ini adalah prosedur tetap yang merupakan tanggungjawab rumah sakit untuk menangani kesehatan pasien," tandas dr Milke. (RaKa)
    • Comments
    • FB Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Deprov Sulut Apresiasi Penanganan DBD Di RSUP Prof Kandouw Rating: 5 Reviewed By: Elnusanews
    Scroll to Top