• Berita Terbaru

    January 09, 2019

    Elnusa News , January 09, 2019

    Soal Izin Tambang Mineral, Tinungki: Sampai Saat Ini Pemprov Belum Keluarkan IUP


    Kepala Dinas ESDM Daerah Prov. Sulut, B.A. Tinungki.
    SULUT,Elnusanews - Kepala Dinas ESDM Daerah Provinsi Sulut, Ir. Bach A. Tinungki menegaskan terkait dengan perizinan tambang mineral sampai saat ini Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara untuk sementara belum mengeluarkan izin usaha pertambangan (IUP) mineral.
    Penegasan B.A. Tinungki itu ditegaskan kepada elnusanews.com, Rabu (9/1/2019) di ruang kerjanya.
    "Jadi izin usaha pertambangan (IUP) mineral sekarang ini untuk sementara belum ada. Walaupun aturannya sudah ada tetapi masih menertejemahkan agak susah sehingga memang hampir di seluruh Indonesia belum ada izin tambang baru. Apalagi kebijakan kita di Pemprov belum bisa memberikan izin kepada pengusaha-pengusaha," tegas Tinungki.
    Lanjut Ia menyebutkan lain halnya dengan izin pertambangan batuan harus kita sesuaikan dengan RTRW.
    "Jadi setiap Kab/Kota wajib mengatur tata ruang dan RTRW sesuai aturan yang ada agar bisa melaksanakan penambangan batu. Kalau tambang batuan pak Gubernur Sulut mengatakan jika tidak melanggar aturan tentunya kita memberikan izin karena tambang bebatuan kita membutuhkan untuk material bangunan. Jadi untuk tambang batu itu tidak ada persoalan tetapi untuk tambang mineral kita batasi untuk perizinannya," pungkas Tinungki.

    (ROKER)

    • Comments
    • FB Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Soal Izin Tambang Mineral, Tinungki: Sampai Saat Ini Pemprov Belum Keluarkan IUP Rating: 5 Reviewed By: Elnusa News
    Scroll to Top