• Berita Terbaru

    January 03, 2019

    elnusanews/com , January 03, 2019

    Walikota Vicky Lumentut Pimpin Kegiatan Fogging Pekuburan dan Sekolah, Antisipasi DBD

    Manado, Elnusanews - Langkah antisipasi terhadap penyebaran penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) yang disebabkan gigitan nyamuk Aedes Aegypti, Walikota Manado DR Ir GS Vicky Lumentut SH MSi DEA memerintahkan untuk melakukan penyemprotan atau fogging di lokasi Tempat Pemakaman Umum (TPU) dan sekolah. Alasan pelaksanaan fogging di lokasi pekuburan dan sekolah, menurut orang nomor satu di Manado itu, karena selama Natal dan Tahun Baru, menjadi kebiasaan warga untuk berziarah dengan membawa bunga dalam wadah. Sehingga, dikuatirkan wadah yang berisi air menjadi sarang nyamuk penyebab DBD.


    “Sekarang ini, kita fokuskan penyemprotan atau fogging di lokasi pekuburan. Mengingat, baru saja kita merayakan Natal dimana sudah menjadi kebiasaan warga untuk membawa bunga ke kubur. Nah, wadah yang berisi air tempat bunga ini, bisa menjadi sarang nyamuk yang menyebabkan demam berdarah,” jelas Walikota Vicky Lumentut, Kamis (03/01/2019) pagi tadi. 

    Menurutnya, seluruh TPU di Manado tidak luput dari aksi fogging yang dilakukan Pemkot Manado melalui Dinas Kesehatan (Dinkes). Untuk hari pertama kerja di tahun 2019 ini, Walikota Vicky Lumentut memimpin kegiatan fogging bersama Sekretaris Daerah Micler CS Lakat SH MH dan para Asisten. Bahkan, Walikota Vicky Lumentut ikut memegang mesin fogging dan menyemprotkan asap cairan abate ke sudut-sudut pekuburan di TPU Teling Atas. Aksi Walikota dua periode tersebut, disambut warga dengan gembira, karena bisa mengurangi dan mematikan berkembangbiaknya nyamuk Aedes Aegypti.


    “Kegiatan fogging ini akan kita lakukan terus, sesudah di pekuburan saya sudah perintahkan untuk masuk ke sekolah-sekolah. Karena, sekarang ini anak-anak lagi libur jadi tepat bagi kita untuk melakukan fogging di sekolah. Supaya, ketika anak-anak masuk sekolah pada hari Senin (07/01), sekolah sudah aman dari nyamuk demam berdarah,” tandas Walikota Vicky Lumentut.


    Sejumlah lokasi TPU menjadi fokus kegiatan fogging, diantaranya TPU Teling dan TPU Kampung Jawa di Kecamatan Wanea, TPU Borgo dan TPU Islam di Kecamatan Wenang, TPU Titiwungen di Kecamatan Sario, TPU Bantik, TPU Batu Kota dan TPU Winangun di Kecamatan Malalayang, TPU Paal Empat di Kecamatan Tikala. Dan mulai Jumat besok, di sejumlah sekolah di Kota Manado.(moris*)
    • Comments
    • FB Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Walikota Vicky Lumentut Pimpin Kegiatan Fogging Pekuburan dan Sekolah, Antisipasi DBD Rating: 5 Reviewed By: elnusanews/com
    Scroll to Top