• Berita Terbaru

    February 09, 2021

    elnusanews/com , , February 09, 2021

    BKAD Dorong Peningkatan PAD melalui Optimalisasi Pemanfaatan BMD

    SULUT,Elnusanews - Pemerintah Sulawesi Utara melalui Badan Keuangan Aset Daerah (BKAD) Provinsi Sulut melakukan terobosan terkait peningkatan pendapatan asli daerah dengan mengoptimalisasikan pengelolaan aset milik pemerintah lewat pemanfaatan barang milik daerah dimana terdapat beberapa aset milik pemerintah Provinsi Sulawesi Utara yang memiliki potensi untuk meningkatkan penerimaan daerah.

    Menindaklanjuti hal itu, Maka dilakukan rapat terbatas Senin, 8 Februari 2020 kemarin, bertempat di Ruang Rapat BKAD yang dipimpin oleh Kepala BKAD Provinsi Sulut Jefry Korengkeng didampingi Kepala Bidang Aset Melky  Matindas yang turut dihadiri oleh Perangkat Daerah (PD) terkait dengan fokus membahas barang milik daerah yang berpotensi dilakukan pemanfaatan, dan aturan yang menjadi acuannya serta pemecahan terhadap permasalahan-permasalahan yang dihadapi.

    Dalam arahannya
    Kaban Korengkeng menekankan bahwa sesuai Permendagri 19/2016 pemanfaatan aset itu merupakan pendayagunaan barang milik daerah yang tidak digunakan untuk penyelenggaraan tugas dan fungsi SKPD dan/atau optimalisasi barang milik daerah dengan tidak mengubah status kepemilikan.

    "Artinya pemanfaatan BMD tidak mengganggu pelaksanaan tugas dan fungsi Perangkat Daerah yang asetnya dimanfaatkan dan akan menjadi tanggung jawab mitra Pemanfaatan BMD tanpa mengubah status kepemilikannya," ungkap Korengkeng.

    Ditambahkannya kegiatan pemanfaatan barang milik daerah bisa dilakukan dalam bentuk pinjam pakai, kegiatan Sewa, Kerja Sama Pemanfaatan (KSP), Bangunan Guna Serah dan Kerja Sama Penyediaan Infrastruktur (KSPI) dengan memperhatikan penyesuaian biaya serta mekanisme terkait hal tersebut.

    "Untuk mengoptimalisasi pemanfaatan aset tersebut, langkah awal yang akan dilakukan oleh Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara dalam hal ini BKAD adalah mereinventarisir dan merevaluasi/appraisal aset milik pemerintah provinsi Sulawesi utara yang akan digunakan untuk pemanfaatan dengan melibatkan konsultan penilai publik sehingga value yang diperoleh akuntabel. Selanjutnya akan dilakukan mapping  dengan target menarik investasi dari para investor atau pihak ketiga yang akan  melakukan Kerjasama pemanfaatan. Dan apabila dilakukan dengan benar maka akan meningkatkan pendapatan daerah Sulawesi Utara juga membantu menggerakan roda perekonomian daerah ini,"tandasnya.

    (ROKER/*)

    • Comments
    • FB Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: BKAD Dorong Peningkatan PAD melalui Optimalisasi Pemanfaatan BMD Rating: 5 Reviewed By: elnusanews/com
    Scroll to Top