• Berita Terbaru

    August 02, 2021

    elnusanews/com August 02, 2021

    FABIAN KALOH : Pansus Ranperda PSP Targetkan Rampung Bulan Oktober

     


    DEPROV,Elnusanews -- Ketua Pantia Khusus (Pansus) pembahas Ranperda insisatif DPRD Sulut tentang Pengendalian Sampah Plastik (PSP) Fabian Kaloh menargetkan pembahasan Ranperda PSP rampung pada bulan Oktober 2021, dengan catatan melihat situasi dan kondisi dari pemberlakuan PPKM.

    Hal tersebut disampaikan politisi PDIP ini, saat diwawancarai oleh wartawan, Senin (2/08/21) siang, seusai memimpin rapat perdana pansus PSP.

    "Untuk target September ataupun Oktober, tapi dengan catatan semoga PPKM ini segera berakhir, karena kita tidak bisa berbuat banyak, kita tidak bisa turlap, rapat saja kita terbatas karena mereka akan mengcomparing dengan daerah di 15 kabupaten/kota itu agak susah  kalau kita PPKM," ungkapnya.

    Dikatakan Kaloh, Ranperda PSP ini harus secepat mungkin diselesaikan secara cepat, tepat dan komprehensive.

    "Semua setuju bahwa ranperda PSP ini di tengah-tengah PPKM harus cepat diselesaikan secepat mungkin, tetapi juga cepat, tepat, dan betul-betul integrated dan komprehensive. Karena kami juga tidak mau perda ini kemudian ada kekurangan kekurangan atau tidak terintegrasi dengan daerah daerah di 15 kabupaten/kota, karena 15 kabupaten/kota ini berbeda-beda satu dengan yang lain termasuk situasimdan kondisi, situsi masyarakatnya, sosiologisnya dan lain lain. Oleh karena itu ada masukan bahwa kita harus juga harus turun ke daerah daerah," kata Kaloh.

    Ditambahkannya pula, rapat perdana Pansus PSP mengagendakan pembahasan tentang tahapan tahapan pansus. 

    “Hari ini rapat membahas tentang tahapan-tahapan kita, seperti time schedule kita, walaupun dalam pembahasan tadi sempat berkembang beberapa persoalan subtansi dari ranperda ini,"ungkapnya 

    Hal yang paling penting kata politisi Dapil-Minut adalah, karena ranperda PSP ini merupakan ranperda inisitif dari DPRD maka dari itu anggota pansus diharapkan agar daapat memberikan masukan masukan.

    "Sekali lagi ini merupakan perda insiatif DPRD. yang paling penting inikan perda ini inisiatif berarti ini perda dari anggota dprd. nah menjadi lucu nanti jika sesama anggota dprd yang tidak setuju, kita kan sudah sepakat bersama kemudian sudah diputuskan dalam rapat paripurna," bebernya.

    Lanjut Kaloh, dalam pembahasan nanti pansus juga akan mengundang stakeholder, OPD serta instansi vertikal lainnya.

    "justru kita semua akan meminta masukan ataupun usulan dari stakeholder OPD apakah dia OPD yang ada di daerah atau instansi vertikal seperti balai sungai, balai lainya, termasuk pers dan juga pengusaha pengusaha yang memproduksi plastik atau juga produsen yang menggunakan plastik sebagai kemasan foodnya," tandasnya. (RaKa)

    • Comments
    • FB Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: FABIAN KALOH : Pansus Ranperda PSP Targetkan Rampung Bulan Oktober Rating: 5 Reviewed By: elnusanews/com
    Scroll to Top