• Berita Terbaru

    September 14, 2021

    elnusanews/com September 14, 2021

    Badan Kesbangpol Sangihe Gelar Sosialisasi Pembinaan Pengawasan Dan Verivikasi Data Ormas


    SANGIHE, Elnusanews- Bertempat di Balai Pertemuan Umum (BPU) Kecamatan Manganitu.Selasa (14/9/2021) Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbagpol) Menggelar Sosialisasi Pembinaan, Pengawasan dan Verivikasi Data Ormas.Kaban Kesbangpol Kabupaten Kepulauan Sangihe Franky Natingkaseh, S.Pi  saat di wawancarai Elnusanews.com.

    "Sesuai tugas pokok dan fungsi Kesbangpol salah satunya bagaimana pembinaan dan pengawasan Ormas, sehingga dalam minggu berjalan ini kami dari Kesbanpol mengadakan sosialisasi Ormas di  15 Kecamatan," tutur Natingkaseh.


    Lanjut Natingkaseh, dan Kecamatan Manganitu adalah Kecamatan yang ke lima dalam pelaksanaan Sosialisasi ormas dan Verivikasi Ormas yang ada wilayah Kecamatan.

    Jadi tujuan pelaksanaan ini bagaimana kita memberikan pemahaman kepada pemerintah Kampung,dan Ormas terkait dengan Undang-Undang Ormas  dan regulasi-regulasi lainnya apa saja menjadi tugas dan fungsi Ormas, kemudian juga pemerintah dapat bersama-sama menyamakan pemahaman dengan Ormas, bahwa pemerintah dan Ormas adalah mitra kerja bersama dalam proses pembangunan sehinggah perlu di sampaikan hal-hal terkait dengan keberadaan Ormas yang memiliki tugas dan fungsi Ormas dan kemudian sebagai pemerintah bagaimana kita menghadapi Ormas ini.


    Ketika turun di lapangan giat-giat seperti ini   merupakan mitra kerja bersama dan juga keberadaan Ormas yang ada akan kita Verivikasi, karena memang dari ratusan Ormas yang di data ada kelengkapan-kelengkapan yang perlu di lengkapi dan itu menjadi kewajiban kita yang harus mensosialisaikanya kepada Ormas dan ketika semua data sudah dilengkapi bisa di laporkan ke Kesbangpol.

    "Sesuai dengan data Ormas yang masuk di Kesbangpol ada 105 Ormas tetapi sesuai berkas-berkas yang di persyaratkan sebagian belum lengkap, oleh sebab itu di forum ini di samapaikan apa saja yang menjadi kelengkapan-kelengkapan  yang harus di lengkapi oleh Ormas  seperti administrasi dan kemudian kami akan turun untuk Verivikasi lapangan", ulas Natingkaseh

    Natingkaseh juga berharap bisa mengupdate data terkait data Ormas yang betul-betul sesuai dengan regulasi dan aturan yang ada.

     "Diharapkan agar kita dapat bekerja bersama dan Ormas bisa melakukan tugas sesuai dengan ketentuan-ketentuan yang ada dan selama enam bulan ketentuannya harus di laporkan ke Kesbangpol sehinggah pola kemitraan bisa berjalan dengan baik dan berkontribusi nyata untuk pembangunan di Kabupaten Kepulauan Sangihe. tutup Natingkaseh. 

    Terpisah Camat Manganitu Julian Pesik, STTP selaku pemerintah di kecamatan Manganitu mengapresiasikan kepada Kesbangpol  yang boleh mengagendakan Kegiatan Sosialisasi di Kecamatan Manganitu.

     "Tentunya informasi yang di sampai melalui sosialisasi ini di harapkan dapat memberika informasi dan dapat menambah wawasan kepada pemerintah Kampung maupun Ormas yang ada di wilayah Kecamatan Manganitu sebagai mitra kerja terkait dengan persyaratan pendaftaran sampai dengan hak kewajiban sebagaimana yang di atur dalam regulasi", pungkas Pesik.

    "Melaluai sosialisasi ini tentu di harapkan bisa menciptakan sinergitas, komunikasi, kordinasi yang baik antara Ormas selaku mitra kerja dengan pemerintah yang ada di Kecamatan Manganitu untuk dapat mencapai tujuan yang sama yaitu pembangunan dan dengan hadirnya Organisasi Masyarakat akan sangat membantu dalam melaksanakn fungsinya", tutup Pesik.

    Turut hadir dalam kegiatan sosialisasi ini Kapitalaung se Kecamatan Manganitu serta perwakilan LSM Maesa Maleo.

    (Donny)

    • Comments
    • FB Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Badan Kesbangpol Sangihe Gelar Sosialisasi Pembinaan Pengawasan Dan Verivikasi Data Ormas Rating: 5 Reviewed By: elnusanews/com
    Scroll to Top