• Berita Terbaru

    September 15, 2021

    elnusanews/com September 15, 2021

    Bupati JG Resmikan 'Pa Ududan' Peternakan Ayam, Lewat BUMDES Desa Pinili


    MINUT, Elnusanews -- Pertama di Kabupaten Minahasa utara (Minut), Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) diresmikan langsung Bupati Minahasa Utara Joune Ganda SE.

    Bumdes yang diresmikan Bupati Minut ini, Bumdes ‘Pa Ududan’ yang bergerak dibidang peternakan ayam petelur di Desa Pinili Kecamatan Dimembe Kabupaten Minahasa utara, Rabu (15/09/21),

    Bupati Joune Ganda dalam sambutannya mengatakan, memberikan apresiasi kepada pemerintah desa Pinilih karena sudah bisa membuat BUMDES lewat dana desa, Dan yang dilakukan adalah upaya produktif. setiap usaha harus ada komitmen apalagi ini menggunakan dana desa lewat BUMDES. Ini harus digunakan sebaik-baiknya, dikelola dengan serius dan transparan.


    “sering kali terjadi BUMDES tidak maju karena pengurusnya sudah berkelahi, Tapi saya yakin untuk BUMDES desa Pinilih yang telah didoakan oleh Pendeta dan diresmikan langsung oleh Bupati, akan berjalan dengan baik dan bisa bermanfaat bagi seluruh warga desa Pinilih.” Ujar Ganda.

    Joune Ganda juga meminta dinas terkait untuk bisa membantu terutama dalam pembinaan dan pemasaran. “Saya meminta dinas terkait untuk membantu lewat pembinaan dan pemasaran, hasil dari peternakan ini bisa didistribusikan ke supermarket, minimarket atau ke pasar-pasar. Skali lagi saya berikan apresiasi sebesar-besarnya atas diresmikan BUMDES ‘Pa Ududan’, desa Pinilih.” Kata Joune Ganda.

    Kepala dinas Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Drs. Alpret Pusungulaa MAP yang turut hadir dalam peresmian BUMDES ‘Pa Ududan’ desa Pinilih mengatakan, BUMDES ‘Pa Ududan’ desa Pinilih merupakan BUMDES pertama di Minut yang telah diresmikan, ini bentuk keseriusan dari pemerintah desa Pinilih untuk memanfaatkan dana desa.

    “Di Minut ini yang pertama kali diresmikan Badan Usaha Milik Desa (BUMDES), ini bentuk keseriusan pemerintah desa Pinilih untuk memanfaatkan dana desa.” ujar Pusungulaa.

    Hukum Tua desa Pinilih Fredrik Longdong yang wawancarai media usai peresmian BUMDES ‘Pa Ududan’ mengatakan, terimakasih sebesar-besarnya buat Bupati Minahasa Utara Joune Ganda SE yang telah memberikan suport datang langsung meresmikan BUMDES ‘Pa Ududan’ desa Pinilih, apa yang yang telah disampaikan Bupati sebagai pemerintah desa akan melaksanakannya dan terus melakukan yang terbaik untuk masyarakat desa Pinilih dan Kabupaten Minahasa Utara. “ Sangat berterimakasih kepada Bapak Bupati yang telah memberikan suport, dengan datang langsung meresmikan BUMDES milik desa Pinilih, apa yang sudah disampaikan oleh Pak Bupati, sebagai hukum tua desa Pinilih akan melaksanakannya untuk kesejahteraan masyarakat desa Pinilih dan Kabupten Minahasa Utara.” Kata Longdong.

    Longdong juga melaporkan kepada Bupati Minut Joune Ganda SE, bahwa BUMDES ‘Pa Ududan’ desa Pinilih merupakn peternakan ayam petelur dengan ukuran 4×30 m2, yang diisi 2000 ayam petelur umur sekitar 8-10 minggu, dan dipantau langsung oleh dokter hewan dari dinas pertanian. Untuk nama BUMDES ‘Pa Ududan’ diambil dari bahasa Tonsea yaitu percontohan.

    Hadir juga dalam acara tersebut Kadis pertanian Minut Wangke Karundeng, Camat Dimembe Ansye Dengah S.Sos, sekcam Dimembe Billy Somba, BPD Desa Pinilih, pengurus BUMDES ‘Pa Ududan’, Tokoh Agama dan seluruh Perangkat Desa serta kepala jaga. 

    (Tommy)

    • Comments
    • FB Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Bupati JG Resmikan 'Pa Ududan' Peternakan Ayam, Lewat BUMDES Desa Pinili Rating: 5 Reviewed By: elnusanews/com
    Scroll to Top