• Berita Terbaru

    September 26, 2023

    elnusanews/com , September 26, 2023

    Jelang Pemilu, Bawaslu Kota Tomohon Ajak Media Terlibat Pengawasan



    TOMOHON,Elnusanews - Kontestasi Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 sudah di depan mata.Para calon legislatif dan partai politik juga semakin gencar melakukan manuver untuk mendongkrak perolehan suara.

    Menyikapi pesta demokrasi lima tahunan yang sudah semakin dekat, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota mulai siaga melakukan pengawasan. Salah satunya menggandeng  awak media, baik online dan media cetak  untuk bersama-sama melakukan  pengawasan jalannya tahapan Pemilu

    Selasa (26/9/2023), bertempat di salah satu Hotel di Kota Tomohon, Badan Pengawas Pemilihan umum (Bawaslu) Kota Tomohon menggelar Sosialisasi Pengawasan Pemilu Partisipatif, "Peran serta media dalam pengawasan Penyelenggaraan Pemilu di Kota Tomohon tahun 2023.

    Ketua Bawaslu Kota Tomohon, Stenly Kowaas didampingi Sekretaris Bawaslu Vermon Mamuaya menyebutkan bahwa kegiatan ini dalam rangka upaya meningkatkan pengawasan dalam menyongsong Pemilu Serentak yang akan dilaksanakan pada 14 Februari 2024 mendatang dikarenakan peran media sangat penting dalam mengedukasi masyarakat tentang Pemilu.

    "Pertemuan dengan awak media ini merupakan komitmen Bawaslu Tomohon dalam membangun sinergitas dalam rangka melibatkan para jurnalis dalam melakukan pengawasan," ucapnya.

    "Peran serta pekerja pers sangat penting untuk menjadikan Pemilu yang berkualitas agar pemilu kali ini bisa naik level yang lebih ke atas," Kata Kowaas.

    Sementara itu, Tenaga Ahli Bawaslu RI, Fentje Bawengan selaku narasumber lewat via zoom menyampaikan bahwa peran media sangat berperan penting dalam pengawasan Pemilu.

    "Karena kerjasama antara KPU, Bawaslu, KPI dan Dewan Pers ini dapat meminimalisir terjadinya dugaaan pelanggaran. Karena lewat organisasi ini pasti mereka terus menjabarkan apa kerjasama yang dilakukan oleh Bawaslu, KPU  dan Dewan Pers serta KPI," bebernya.

    Dikatakannya melibatkan kerjasama dengan awak media ini adalah jurus paling jitu dilakukan dalam rangka pengawasan partisipatif melalui mass media.

    "Karena pemberitaan dari para media nantinya akan berorientasi pada menurunnya angka penundaan pelanggaran  Untuk itu, peran media terkait publikasi hasil pengawasan sangat kami perlu," ujarnya.

    Sembari ia mengatakan ketika kita menggunakan peran media terkait publikasi ini adalah luar biasa.

    "Apalagi kita publikasi dari hasil pengawasan secara periodik. Karena tugas-tugas pengawas pemilu tidak akan kelihatan. Dan tidak akan diketahui tanpa publikasi dari media. Karena media sangat berperan penting di Bawaslu," tukasnya.

    (ROKER)



    • Comments
    • FB Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Jelang Pemilu, Bawaslu Kota Tomohon Ajak Media Terlibat Pengawasan Rating: 5 Reviewed By: elnusanews/com
    Scroll to Top