• Berita Terbaru

    September 26, 2023

    elnusanews/com , September 26, 2023

    Jawab Kerinduan Nelayan Sangihe, Tamuntuan Canangkan Ekspor Produk Komoditi Perikanan Ke Filipina


    Sangihe, Elnusanews- Dihadiri Deputi Bidang Koordinasi Pertahanan Negara Kemenkopolhukam, Laksamada Muda TNI Kisdiyanto, M.Tr. Opsla, bersama Assisten Deputi Koordinasi Wilayah Perbatasan dan Tata Ruang Pertahanan, Brigjen TNI Suteikno Suleman dan Penjabat Bupati Sangihe mencanangkan Ekspor Komoditi Perikanan Dari Pelabuhan Nusantara Tahuna Ke Pelabuhan Gensan Filipina, Selasa (26/9/2023

    Deputi Bidang Koordinasi Pertahanan Negara Kemenkopolhukam, Laksamada Muda TNI Kisdiyanto, M.Tr. Opsla,dalam sambutannya mengatakan,dalam mengemplimasikan program pemerintah khususnya percepatan ekonomi nasional dan peningkatan kesejahteraan masyarakat khususnya para nelayan melalui kegiatan ekspor komoditi unggulan perikanan yang tentunya harus didukung oleh pemerintah pusat.

    "Untuk suksesnya pelaksanaan kegiatan ekspor perdana komoditi perikanan ini sebagai bentuk legilitas dan legitimasi kerja sama bilatral yang harmonis antara pemerintah republik indonesia dengan negara tetangga Filipina dalam hal peningkatan kesejahteraan ekonomi di bidang perikanan, maka dibutuhkan adanya komitmen dan konsistensi serta sinergitas yang solid dan harmonis antara lembaga dan komponen masyarakat terkait."Ucapnya


    Untuk itu kami memberikan apresiasi atas seluruh upaya kerja sama yang dilakukan semua pihak terkait khususnya pemerintah Daerah Kabupaten kepulauan Sangihe dan TNI Angkatan Laut dalam hal ini Lanal Tahuna yang telah mengedisiasi kegiatan ini sebagai bentuk implementasi di lapangan.

    Sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 20 tahun 2010 keberadaan pelabuhan Tahuna sangat strategis untuk dimanfaatkan dalam hubungan antara Sangihe dan Filipina.

    Lebih lanjut lagi kata Deputi Bidang Koordinasi Pertahanan Negara Kemenkopolhukam Laksamada Muda TNI Kisdiyanto, M.Tr.Opsla, Pencanangan perdana ekspor unggulan ini menjadi tolak ukur bagi pemerintah daerah,  dari sini diharapkan dapat lebih meningkatkan produk ekspornya dalam hal ini pemenuhan kebutuhan ekspor yang dibutuhkan oleh negara lain. 

    "Jadi segala sesuatu harus disiapkan dengan baik, termaksud sport penuh dari perangkat daerah terkait dan instansi vertikal terkait agar dapat lebih maksimal mengikuti pelaksanaan peningkatan ekonomi masyarakat melalui kegiatan ekspor. Sebagai wilayah perbatasan kabupaten Sangihe selalu menjadi perhatian kami terutama dalam mengawal penangganan Border Cross Station.Marore adalah wilayah kabupaten sangihe dimohon kerja sama yang baik dari pemerintah daerah,"pungkasnya.

    Penjabat Bupati dr Rinny Tamuntuan mangatakan, eskpor komoditi unggulan perikanan ini merupakan salah satu upaya yang dilakukan oleh pemerintah Kabupaten Kepulauan Sangihe dalam rangka percepatan ekonomi  nasional dan peningkatan kesejahteraan masyarakat khususnya bagi para nelayan."Ucap Tamuntuan.


    Lanjut Tamuntuan,Kabupaten Kepulauan Sangihe memiliki banyak potensi kekayaan alam, salah satu produk unggulan adalah perikanan yang sampai saat ini menjadi salah satu pemasok untuk jalur perdagangan lintas laut yang sebelumnya mengunakan jalur kota bitung dengan harga yang relatif rendah.Sehingga mendorong Pemerintah Daerah untuk mencari alternatif dapat memasarkan hasil unggulan perikanan secara ekspor melalui pelabuhan tahuna.

    "Hal ini tentunya kami terus berkordinasi dengan berbagai pihak terkait prosedur, legilitas yang harus dipenuhi untuk meningkatkan mutu dan kualitas produk ekspor sehingga berbagai produk yang dihasilkan dari Kabupaten Kepulauan Sangihe sendiri dapat memenuhi kebutuhan dari negara yang menjadi tujuan," ujar Tamuntuan

    "Sesuai dengan peraturan pemerintah Nomor 20 Tahun 2010 tentang angkutan di perairan,Pelabuhan Tahuna sangat strategis untuk di manfaatkan dalam menghubungkan langsung dengan negara tetangga Filipina."Tutup Bupati perempuan pertama di Kabupaten Kepulauan Sangihe.


    (ADVETORIAL)

    • Comments
    • FB Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Jawab Kerinduan Nelayan Sangihe, Tamuntuan Canangkan Ekspor Produk Komoditi Perikanan Ke Filipina Rating: 5 Reviewed By: elnusanews/com
    Scroll to Top