• Berita Terbaru

    August 09, 2018

    Elnusa News August 09, 2018

    Tidak Memenuhi Syarat, Demokrat Lapor ke Panwaslu

    BITUNG,Elnusanews - Partai Demokrat Bitung mengajukan gugatan ke Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Bitung atas ketetapan Komisi Pemilihan Umum (KPU). Hasil verifikasi menyatakan bahwa Partai Demokrat tidak memenuhi syarat lolos menjadi peserta Pemilihan Umum 2019.

    "Kami pengurus Partai dan Bakal calon Legislatif DPRD kota Bitung merasa keberatan dan ingin mengajukan keberatan kepihak Pawaslu yang dalam hal ini ke ketua Panwas Kota Bitung,"kata Ketua DPC Partai Demokrat Bitung Jacky Ticoalu di kantor Bawaslu, Kamis (9/8/2018).

    Lanjutnya, agar pihak terkait dapat melakukan nota kesepakatan dengan komisioner KPU Kota Bitung dengan keabsahan dokumen bakal calon legislatif DPRD Kota Bitung dari partai Demokrat.

    "Demi amanat UU Pemilu No 7 2017 tentang kewenangan KPU untuk melaksanakan semua tahapan penyelenggaraan Pemilu dengan tepat waktu dan memperlakukan pemilu secara adil dan setara,"tegasnya didampinggi pengurus partai Demokrat.

    Dijelaskan Ticoalu, bahwa persyaratan dokumen yang menjadi syarat bacaleg itu ada dan dimiliki oleh ke- 4 orang bacaleg diatas dan itu dibuktikan dengan dokumen yang ada pada bacaleg.

    "Bahwa partai Demokrat telah menandatangani pakta integritas termasuk surat pernyataan telah melakukan penjaringan seleksi bacaleg yang lengkap dan sah,"jelasnya.

    Ketua Panwaslu kota Bitung Frans Andirael mengatakan, bahwa hari ini pihaknya telah menerima dugaan gugatan partai Demokrat.

    "Dugaan gugatan yang dimasukan akan diperiksa dan proses dalam sengketa pemilu,"kata Frans di kantor Panwaslu pada sejumlah wartawan.

    Lanjutnya, pihaknya akan memproses dan mempelajari dugaan dokumen sengketa pemilu.

    "Kemudian masuk dalam proses sidang pleno,"jelasnya. (Rego)
    • Comments
    • FB Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Tidak Memenuhi Syarat, Demokrat Lapor ke Panwaslu Rating: 5 Reviewed By: Elnusa News
    Scroll to Top