• Berita Terbaru

    September 15, 2018

    Elnusa News , September 15, 2018

    Ini Penjelasan AGK Soal Dana Bagi Hasil Kab/Kota

    Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah Sulut, Asiano Gammy Kawatu (AGK).
    SULUT,Elnusanews - Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah Sulut, Asiano Gammy Kawatu (AGK) menyatakan terkait dana bagi hasil 15 Kabupaten Kota di Bumi Nyiur Melambai Sulut, Pemerintah Provinsi mulai menyiapkan dana tersebut.

    Pernyataan itu disampaikan AGK sapaan akrabnya, kepada elnusanews.com, Jumat (14/9/2018) di ruang kerjanya di kantor Gubernur Sulut.

    "Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Utara (Sulut), mulai menyiapkan dana bagi hasil untuk 15 kabupaten/kota berjumlah 600 miliar," kata Kawatu.

    Dijelaskannya, dana bagi hasil Kab/kota inikan, terbagi dari beberapa jenis pajak. Mulai dari Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBN-KB), Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) serta Pajak Rokok.

    "Dan di APBD-P ini, ada tambahan sekira 40-an miliar dari jumlah semula 500-an sekian dana bagi hasil. Berarti kalau kita hitung-hitung. Dana bagi hasil itu 600 miliar," beber Kawatu.

    Lanjutnya, dan itu semuanya, yang menangani pihak serta Badan Pendapatan Daerah Provinsi Sulut. Disebutkannya, untuk pemanfaatan dana bagi hasil ini sangat perlu sinergitas yang baik antara pemerintah kab/kota agar ada supporting anggaran dari kedua belah pihak.

    "Kan di taman anjungan mini ini ada dana hibah dari kabupaten/kota. Begitu juga kita. Ada juga dana hibah di bidang olahraga dan kesehatan yang kita berikan. Ini berkat koordinasi yang baik dari Pemprov dan Kabupaten/Kota," terangnya.

    Ditambahkannya koordinasi dan evaluasi kinerja juga menurutnya sangat penting dalam menunjang pendapatan semua sektor. Jika semua sektor meningkat, maka dana bagi hasil ataupun bantuan keuangan khusus akan semakin naik.

    "Kita berharap, konsultasi dan evaluasi serta sinergitas program tentu harus sama. Kan ini keuntungannya dua pihak. Jadi Pemprov dapat, Kabupaten/Kota juga dapat," tandasnya.


    (ROKER)
    • Comments
    • FB Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Ini Penjelasan AGK Soal Dana Bagi Hasil Kab/Kota Rating: 5 Reviewed By: Elnusa News
    Scroll to Top