• Berita Terbaru

    January 09, 2019

    Elnusa News , January 09, 2019

    Wakil Walikota Tomohon Panen Perdana Bawang Merah Varietas Lansuna

    TOMOHON, Elnusanews - Wakili Walikota Tomohon Jimmy F. Eman, SE. Ak, Wakil Walikota Tomohon Syerly Adelyn Sompotan (SAS) melakukan panen perdana bawang merah yang sedang dikembangkan parah penyuluh Pertanian didaerah itu. Panen bawang merah Variates Lansuna merupakan yang pertama kali dilakukan oleh Wakil Walikota Tomohon pada Selasa 8/1/2019 bertempat di balai penyuluh pertanian Kecamatan Tomohon Utara. 

    Dikesempatan itu, Sompotan mengatakan bahwa salah satu program yang mendukung kedaulatan pangan adalah penelitian dan pengembangan teknologi budidaya komoditas bawang merah. Karena menurut dia komoditas ini merupakan komoditas strategis yang memiliki nilai ekonomi tinggi serta tidak dapat disubtitusi dengan komoditas lain. 

    Pemerintah Kota Tomohon kata Sompotan terus berupaya mengsukseskan program kegiatan yang mendukung kedaulatan pangan seperti melalui budidaya bawang merah. Dia pun menyebutkan Kedaulatan pangan telah menjadi isu global, penting sejak dasawarsa 90-an. Oleh sebab itu, kata dia Kedaulatan pangan memotivasi Pemerintah Kota Tomohon secara proaktif dan partisipatif selalu mendukung program ketahanan pangan dengan kebijakan lokal spesifik yang berbasis sumber daya alam dan kearifan lokal. 

    “Panen perdana pada hari ini adalah hasil kerja keras para petani melalui bimbingan para penyuluh pertanian. Oleh sebab itu selaku pemerintah mengucapkan terima kasih dan memberikan apresiasi kepada pihak terkait yang mendukung budidaya bawang merah ini mulai dari Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Sulawesi Utara, para petani dengan kelompoknya masing-masing, para penyuluh serta institusi terkait dalam pengembangan teknologi pertanian ini.” Ujar Sompotan.

    Diakhir sambutan Sompotan berharap panen perdana bawang merah ini akan memotivasi para penyuluh sehingga dapat terus berkontribusi bagi peningkatan produksi dan pendapatan para petani di Kota Tomohon sekaligus berperan terhadap perekonomian Nasional. Turut hadir dalam kegiatan ini Kepala Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Sulawesi Utara Dr.Ir.Yusuf, MP, Kepala Dinas Pangan Kota Tomohon, Kepala Dinas Pertanian Kota Tomohon, para penyuluh pertanian dan Kelompok-kelompok tani. (Jonly bamz)
    • Comments
    • FB Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Wakil Walikota Tomohon Panen Perdana Bawang Merah Varietas Lansuna Rating: 5 Reviewed By: Elnusa News
    Scroll to Top