• Berita Terbaru

    August 15, 2019

    elnusanews/com , August 15, 2019

    Olly Minta Kab/Kota Sisipkan Dana Pencegahan Kebakaran Pada APBD-P

    Gubernur Sulut Olly Dondokambey Saat Bawakan Sambutan.
    SULUT,Elnusanews - Kepada seluruh kepala daerah yang ada di 15 kabupaten kota di sulawesi utara dimintakan agar segera menyisipkan anggaran penanganan bencana kebakaran  pada APBD-Perubahan tahun 2019.

    Permintaan orang nomor satu sulut itu saat memberi arahan pada Rakorda Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan, Kamis (15/8/2019) tepatnya di Graha Gubernuran Bumber Manado.

    "Saya minta seluruh kepala daerah di 15 kab/kota untuk menyiapkan anggaran. Paling tidak siapkan dana kegiatan untuk penanganan bencana kebakaran. Jangan pak Kapolda atau pak Kapolres yang urus karena tidak ada anggaran seperti itu di TNI dan Polri. Yang ada anggarannya di provinsi dan kab kota. Jadi saya kira ini harus di antisipasi jangan sampai terjadi kebakaran baru kita bergerak," kata Olly Dondokambey.

    Lanjut Olly mengingatkan pos anggarannya harus tau, jangan disisipkan di pos anggaran bencana alam.

    "Anggaran bencana alam harus ada pernyataan bencana alam dulu baru bisa digunakan. Kalau ngak akan bermasalah dengan pihak kejaksaan. Makanya hari ini juga kami mengundang juga pihak kejaksaan agar kita bisa paham karena pengamanan bencana kebakaran ini beda dengan bencana alam biasa. Paling tidak ada titik api saja kita langsung lakukan penanganan jangan tunggu api membesar baru kita lakukan pengamanan. Nah pos pos penanganan seperti ini saya kira para kepala daerah harus memahami hal hal seperti ini agar supaya koordinasi lebih lanjut nanti di tim teknis mungkin di buat tim penanganan secara langsung dari TNI/Polri dan aparat penanganan bencana yang ada sehingga pengeluaran pembiyaannya sesuai tupoksi yang ada," tandasnya.

    Olly pun kembali mengingatkan bahwa di TNI/Polri pembiyaannya tidak ada yang ada di SKPD kita masing masing.

    "Jadi, mumpung kebetulan saat ini lagi penyusunan APBD-Perubahan, nah masukanlah di situ agar kegiatan kita hingga bulan desember ini bisa terjaga. Karena musim panas tinggal tiga bulan. Jadi saya kira kalau tiga bulan ini kita siapkan di kab kota 1 miliar dan provinsi 5 miliar. Jika ada hal hal begini bisa kita tangani. Toh ini sebagai dana cadangan kalau tidak ada, tidak di pakai. Lebih baik mengantisipasi dari pada kita sudah kebakaran besar baru kita tangani," tandas orang nomor satu Sulut itu.

    Hadir dalam rakorda tersebut, diantaranya Sekretaris Provinsi Edwin Silangen, Pangdam XIII Merdeka dan jajaran, Wakapolda Sulut dan jajaran serta pegawai dinas kehutanan yang ada di Sulut.

    (ROKER)

    • Comments
    • FB Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Olly Minta Kab/Kota Sisipkan Dana Pencegahan Kebakaran Pada APBD-P Rating: 5 Reviewed By: elnusanews/com
    Scroll to Top