• Berita Terbaru

    December 09, 2019

    elnusanews/com December 09, 2019

    Reses Di Tuminting, Richard Sualang Jaring Asmara Soal Pembangunan Trotoar, Pengerukan Sungai dan Reklamasi Pantai



    DEPROV,Elnusanews -- Legislator DPRD Sulut dr. Richard Sualang, Senin (9/12/19) sore, menggelar masa reses I di Kelurahan Tuminting Lingkungan I, Kecamatan Tuminting.

    Dalam reses perdananya sebagai anggota DPRD Sulut, banyak keluhan serta masukan yang disampaikan oleh warga masyarakat seperti, soal infrastruktur pembangunan trotoar, pengerukan saluran air dan, reklamasi pantai.

    Seperti apa yang disampaikan oleh salah satu warga lingkungan I Yavet Lahiwu, dimana dirinya meminta agar dibuatkan trotoar dan pengerukan saluran air yang di wilayah lingkungan I, dimana aspirasi tersebut sudah pernah disampaikan namun sampai saat ini tak kunjung terealisasi.

    "Reses tahun lalu kami sudah menyampaikan pertama, soal trotoar dan pengerukan saluran air yang dimulai dari lingkungan I sampai di Bitung Karangria yang sampai sekarang belum terealisasi. Dimana sungai tersebut sudah dangkal, karena memang daerah ini merupakan daerah langganan banjir. Memang tidak bisa mencegah banjir, namun bisa diminimalisir," ungkap Yavet.

    Selain mengeluhkan infrastruktur pembangunan trotoar dan pengerukan saluran air yang belum terealisasi, Yavet juga mengusulkan agar pemerintah dapat meninjau kembali proyek reklamasi pantai yang ada di Boulevard II Tumumpa.

    "Usulan saya, hentikan saja reklamasi, karena rencananya di bagian utara ini akan ada reklamasi. Boleh dibuat namun harus memperhatikan perencannaan dimana setiap 1 kilo harus ada saluran yang muaranya ke laut," ujarnya.

    Menanggapi hal tersebut, politisi PDI Perjuangan yang duduk di komisi IV ini mengatakan, untuk soal proyek pembangunan trotoar dan pengerukan aliran sungai dirinya berjanji akan menindaklanjuti dengan berkoordinasi dengan fraksi PDI Perjuangan yang ada di DPRD Kota Manado.

    "Infrastruktur trotoar, ini tentunya meskipun disampaikan ke reses kami, tapi ini kami akan arahkan ke fraksi kami yakni, fraksi PDI Perjuangan di DPRD Kota Manado, karena ini merupakan kewenangannya Kota Manado. Tentunya ini harus kami jaminkan bahwa ini kami akan kawal. Begitu juga soal pengerukan saluran air yang ada di jalan besar. Nah ini akan kami sampaikan ke instansi terkait yakni PUPR provinsi, harusnya mereka ada program revitalisasi. Jadi ini akan kami sampaikan pada mereka," jelas Ichad.

    Sementara untuk soal reklamasi sendiri, wakil ketua Bappemperda DPRD Sulut ini mengatakan dirinya belum mendengar secara resmi tentang adanya reklamasi tersebut.

    "Reklamasi pantai, tentu reklamasi ini saya harus katakan belum pernah mendengar secara resmi tentang reklamasi di utara. Namun jika memang sudah ada, maka kami akan menyampaikan agar sesuai dengan keinginan masyarakat ssupaya tidak menjadi bencana bagi masyarakat," tandasnya. (RaKa)
    • Comments
    • FB Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Reses Di Tuminting, Richard Sualang Jaring Asmara Soal Pembangunan Trotoar, Pengerukan Sungai dan Reklamasi Pantai Rating: 5 Reviewed By: elnusanews/com
    Scroll to Top