• Berita Terbaru

    December 10, 2019

    elnusanews/com , December 10, 2019

    PT.MSM-TTN Ajak JIPS Tinjau Pengoperasian Tambang Emas

    SULUT,Elnusanews - PT. Meares Soputan Mining (MSM) dan PT. Tambang Tondano Nusajaya (TTN) mengajak Jurnalis Independen Pemprov Sulut (JIPS) meninjau langsung pengoperasian tambang emas, Selasa (10/12/2019) siang tadi tepatnya di Kawasan Tambang Toka Tindung Kecamatan Likupang Minahasa Utara (Minut).

    Sebelum melakukan peninjauan ke lokasi pertambangan, pihak PT.MMS/TTN, memberikan sekilas informasi tentang tambang toka tindung dan bahaya, resiko selama berkunjung ke area pertambangan serta keamanan lokasi tersebut.

    Superintendent Public Relation External Relation, Hery Rumondor kepada awak media menjelaskan PT.MSM/TTM target produksi pertahun antara 160 ribu sampai 180 ribu ons pertahun bahkan target hingga 200 ribu ons pertahun.

    "Yang kita hasilkan di sini berbentuk bulion campuran mas dan perak.Jadi komposisinya mungkin 60 perak dan 40 emas. Selanjutnya kita kirim ke logam mulia untuk di murnikan kemudian kita dapatkan emas yang murni," kata Rumodor.

    Untuk total keseluruhan karyawan yang bekerja di sini, kata Inyo sapaan akrabnya mengatakan pekerja yang ada di perusahaan ini sistem sif.

    "Ada tiga sif perhari dan selalu bergantian dengan total karyawan keseluruhannya berjumlah 1.600 karyawan yang 80 persennya kita merekut tenaga lokal yang kita latih sehingga layak bekerja di industri pertambangan,"ujarnya.

    Terkait lingkungan kata Rumondor, area toka tindung yang telah kita olah sebelumnya ini kita sudah benahi dan dinding-dindingnya kita sudah tanami.

    "Begitupun area-area terbuka lainnya. Area terbuka yang ada di sini kita sedang berproduksi tetapi ketika kita tidak gunakan segera kita direklamasi karena itu pihak MSM/TTN mendapat penghargaan terkait dengan lingkungan dari Kementerian ESDM," bebernya.

    Inyo menyebutkan adapun program untuk masyarakat sekitar tambang diantaramya program pendidikan, pertanian, peternakan, kesehatan, sosial dan keagamaan.

    "Ini merupakan program tanggungjawab sosial pihak PT. MSM/TTN kepada masyarakat sekitar tambang. Selain bekerjasama dengan masyarakat setempat pemerintah pun kita libatkan dalam rangka program pengembangan dan pemberdayaan masyarakat bidang kesehatan, kawasan ekonomi agribisnis, agroindustri serta agrowisata serta pembangunan bak penampungan air bersih untuk masyarakat di sekitar area tambang tersebut," tandasnya.

    Sementara itu, Koordinator Jurnalis Independen Pemprov Sulut (JIPS), Rolf Lumintang mewakili rekan-rekan awak media, mengucapkan banyak terimakasih kepada pihak PT.MSM-TTN.

    "Karena ini merupakan salah satu bentuk sinergitas antara pihak perusahaan tambang yang ada di daerah ini (PT.MSM-TTN-red) bersama awak media (JIPS-red). Dan kunjungan rekan-rekan JIPS juga ini sebagai rangkaian safari natal JIPS dan pihak PT.MSM-TTN.

    (ROKER)
    • Comments
    • FB Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: PT.MSM-TTN Ajak JIPS Tinjau Pengoperasian Tambang Emas Rating: 5 Reviewed By: elnusanews/com
    Scroll to Top