• Berita Terbaru

    December 11, 2019

    elnusanews/com December 11, 2019

    Reses Bersama Guru PAI, Amir Liputo Serap Sejumlah Aspirasi Permasalahan Guru



    MANADO,Elnusanews -- Sejumlah aspirasi berhasil diserap oleh legislator DPRD Sulut dapil Kota Manado, H. Amir Liputo SH, saat menggelar reses I di Hotel Bersehati, Kota Manado. Selasa (11/12/19) pagi.

    Dalam kegiatan reses kali ini, politisi PKS ini menyerap aspirasi dari para guru Pendidikan Agama Islam (PAI).

    Seperti apa yang disampaikan oleh Kepala Sekolah Istibath Dendengan Dalam, Azwan Zaini yang mempertanyakan kenapa guru agama tetapi ditugaskan menjadi guru kelas SD.

    "Kenapa guru agama ini diangkat guru agama tetapi banyak yang ditugaskan menjadi guru kelas SD sehingga ini menyebabkan berkurangnya guru agama," tanya Azwan.

    Lanjut Azwan, dirinya juga mengeluhkan driskimasi dalam pembagian THR dimana para guru yang ada disekolah negeri menerima THR, namun para guru di sekolah swasta tidak.

    "Guru-guru di sekolah negeri sudah mendapat THR, tapi guru-guru di swasta tidak mendapat apa-apa. Dapat tunjangan honor dari pemkot untuk sekolah-sekolah negeri, tapi sampai sekarang belum mendapat apa-apa. Tolong pak, sama-sama kita ini merupakan anak bangsa yang berprofesi sebagai guru yang menumbuhkan anak bangsa," tegasnya.

    Selain kedua hal tersebut, Azwan juga mempertanyakan tentang adanya isu bahwa guru-guru ASN akan ditarik.

    "Katanya ada isu guru-guru ASN akan ditarik dari swasta ke negeri. Tolong pak, jika itu benar maka sekolah-sekolah swasta akan ditutup. Apalagi penempatan guru sekarang kebanyakan hanya di sekolah negeri sedangkan untuk sekolah Swasta tidak ada," katanya.

    Menanggapi hal ini, legislator empat periode ini mengatakan untuk masalah guru agama yang ditugaskan menjadi guru kelas merupakan kewenangan dari Diknas. 

    "Untuk keluhan driskimasi dalam pembagian THR dimana para guru yang ada disekolah negeri menerima THR, namun para guru di sekolah swasta tidak serta guru agama tetapi banyak yang ditugaskan menjadi guru kelas, ini merupakan masukkan bagi diknas," ujarnya.

    Sementara untuk soal isu bahwa guru ASN akan di tarik dari sekolah swasta ke negeri dirinya mengatakan mudah-mudahan itu tidak terjadi.

    "Mudah-mudahan hanya sekedar isu saja, karena jika itu terjadi maka sekolah-sekolah swasta akan mati. Maka dari itu saya meminta kepada pihak diknas agar dalam memberikan izin sekolah swasta ini dapat memverifikasi dengan benar kemampuan dari sekolah tersebut. Jangan setelah berdiri menjadi beban, karena ketentuan itu haruslah ketentuan," tandasnya. (RaKa)

    • Comments
    • FB Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Reses Bersama Guru PAI, Amir Liputo Serap Sejumlah Aspirasi Permasalahan Guru Rating: 5 Reviewed By: elnusanews/com
    Scroll to Top