• Berita Terbaru

    December 18, 2019

    elnusanews/com December 18, 2019

    Tingkatkan Kemampuan Aparatur Khusus Perencanaan, Bapelitbangda Gelar Bimtek E-Planning dan Coaching Clinic RPJMD

    MINAHASA, Elnusanews - Guna meningkatkan kemampuan aparatur disetiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) khusunya pada perencanaan, maka Bapelitbangda Kabupaten Minahasa menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) E-Planning dan Coaching Clinic RPJMD, Renstra dan Renja Perangkat Daerah Kabupaten Minahasa, Senin 16/12/2019.

    Bimtek digelar di Aula Kantor Bapelitbangda Kabupaten Minahasa dibuka oleh Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bapelitbangda) Kabupaten Minahasa Philips Siwi.

    Pada pembukaan tersebut Siwi didampingi Kabid Statistik Edwin Muntu, menjelaskan sesuai Permendagri No 86 Tahun 2017 disebutkan bahwa perencanaan pembangunan daerah harus berbasis e- planning.

    "Artinya, baik RPJPN dan RPJNN, RPJP dan RPJMD Provinsi serta RPJPD dan RPJMD Kabupaten Minahasa harus sinkron dan selaras menuju tercapainya tujuan pembangunan nasional," imbuhnya.

    Hal tersebut kata Siwi, juga berlaku terhadap RENSTRA dan RENJA perangkat daerah dengan kata lain pembangunan daerah sebagai satu kesatuan dan bagian integral dari pembangunan Nasional, karena selain ditujukan untuk memenuhi prioritas dari visi dan misi kepala daerah, pembangunan daerah juga harus berkontribusi pada capaian tujuan pembangunan nasional.

    "Penerapan e-planning diharapkan dapat memberikan kemudahan bagi semua pihak, baik masyarakat dan semua stakeholder terhadap akses informasi sebagai acuan untuk berpartisipasi dan melakukan pengawasan," sebutnya sembari menambahkan, e-planning ini juga nantinya dapat membantu terbangunnya sikap positif para stakeholder untuk terhindar dari sikap apriori terhadap program-program pembangunan didaerah akibat keterbatasan informasi.

    Lanjut dikatakan Siwi, bahwa pemerintah Kabupaten Minahasa akan mulai melakukan penginputan dokumen perencanaan pembangunan meliputi RPJMD dan RKPD, RENSTRA dan RENJA, sehingga akan menjadi momentum yang baik untuk memperbaiki permasalahan perencanaan pembangunan daerah.

    "Oleh karena itu, saya menegaskan bahwa OPD perlu meningkatkan kemampuan aparatur khususnya Perencanaan melalui bimbingan teknis penggunaan aplikasi e-planning yang diadakan sekarang ini," ungkapnya sambil berharap melalui Bimtek ini, Kabupaten Minahasa telah dan akan terus berpartisipasi terhadap program nasional menuju tercapainya masyarakat sejahtera, sebagai cita-cita nasional.

    Kegiatan yang dilaksanakan selama dua hari ini turut dihadiri pihak BPKP Sulut Yoanes Tukijan, Hendricus Bayu Hendrawan dan Harkito Okky Sinaga sebagai nara sumber, serta Seluruh Kepala OPD, Camat dan Operator.


    (Jonly bamz)
    • Comments
    • FB Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Tingkatkan Kemampuan Aparatur Khusus Perencanaan, Bapelitbangda Gelar Bimtek E-Planning dan Coaching Clinic RPJMD Rating: 5 Reviewed By: elnusanews/com
    Scroll to Top