• Berita Terbaru

    December 19, 2019

    elnusanews/com December 19, 2019

    Komisi IX DPR RI Sambangi RSUP. Prof. Kandouw Malalayang. Penambahan Ruang Perawatan dan Pelayanan BPJS Jadi Konsen Runtuwene CS


    MANADO,Elnusanews -- Komisi IX DPR RI yang diketuai oleh Felly Estelita Runtuwene , Selasa (17/12/2019) kemarin, melakukan kunjungan kerja di RSUP. Prof. Kandouw Malalayang.

    Rombongan komisi IX DPR RI tersebut mengunjugi langsung beberapa ruangan instalasi rumah sakit antara lain IGD, Irina Edelweis, Gedung Pusat Jantung, Pembuluh Darah dan Otak Terpadu, serta ruang Kelas I, II, dan III.

    Ketua Komisi IX DPR RI Felly Estelita Runtuwene mengatakan, dalam kunjungan kali ini ke RSUP. Prof. Kandouw Malalayang, Komisi yang membidangi Kesehatan dan BPJS ini  ingin melihat langsung langsung bagaimana pelayanan rumah sakit terhadap pasien BPJS agar supaya tidak simpang siur.

    “Makanya saya minta tadi dari IGD, kemudian melihat ke Kelas III, Kelas II dan VIP. Jadi, dengan yang sudah disampaikan, tidak berbeda. Kan kita inginkan kamar, justru ada penambahan Kelas III di sini. Karena di sini baru 39%, kami justru meminta bahkan terakhir 60% untuk Kelas III. Karena dengan kenaikan BPJS dan sebagainya, Kelas I, Kelas II itu, bisa turun kelas. Jadi, pasti bisa meledak untuk Kelas III. Kira-kira seperti itu, dan kami sudah minta waktu rapat-rapat kemarin itu, kami minta setiap rumah sakit untuk menaikan fasilitas-fasilitas sampai 60%,” jelas politisi NasDem ini.

    Terkait penanganan pasien BPJS, Runtuwene meminta pihak Kementerian Kesehatan agar ada cara punishment (mengarahkan tingkah laku) oknum-oknum pihak rumah sakit yang dengan sengaja menelantarkan pasien.

    “Memang ada beberapa rumah sakit swasta yang menolak, dan itu kita tidak bisa lagi tutup mata, itu ada. Beberapa yang menolak dengan alasan tidak ada kamar. Dan saya juga sempat tahu, mengikuti beberapa waktu lalu seperti itu. Alasannya tidak ada kamar. Tapi, keluarga pasien sampai curiga dan pergi lihat kamarnya, betul nda tidak ada kamar kosong? Ternyata, ada. Nah, inilah yang kami minta juga kepada Kementerian Kesehatan, biar ada cara Punishment orang-orang seperti itu, oknum-oknum yang melakukan itu. Mungkin bukan rumah sakitnya, tapi oknum-oknumnya yang tidak bertanggung jawab” jelasnya.

    Kedepan dikatakan legislator senayan ini berharap, pelayanan di RSUP. Prof. Kandouw Malalayang dapat lebih prima dalam menangani pasien BPJS.

    “Jadi, bukan dengan keadaan seperti ini. Saya bisa datang dengan resmi, bisa juga datang dengan tidak resmi untuk mengetahui bagaimana pelayanan kepada masyarakat Sulawesi Utara,” harapnya. (RaKa)

    • Comments
    • FB Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Komisi IX DPR RI Sambangi RSUP. Prof. Kandouw Malalayang. Penambahan Ruang Perawatan dan Pelayanan BPJS Jadi Konsen Runtuwene CS Rating: 5 Reviewed By: elnusanews/com
    Scroll to Top