• Berita Terbaru

    December 17, 2019

    elnusanews/com December 17, 2019

    KPU Gelar Launching Pilkada Tahun 2020 Berlangsung Meriah

    MINUT, Elnusanews -- Pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak tahun 2020 nanti. Komisi Pemilihan Umum (KPU) kabupaten Minahasa Utara menggelar Launching Pilkada pemilihan Bupati dan wakil bupati Minut 2020. Dalam sambutan Bupati Minut Dr Vonnie Anneke Panambunan S.Th yang diwakili Sed kda Minut Ir Jemmy Hengky Kuhu MA mengatakan, pemerintah kabupaten Minut sudah mengambil bagian, kita bersyukur dalam pelaksanaan pilkada nanti berjalan dengan baik.

    “Saya berharap pilkada serentak berjalan dengan baik dan saya berharap masyarakat Minut sukseskan pilkada nanti. Saya minta masyarakat Minut jauhkan paham- paham radikalisme dan berita hoax yang bisa memecahkan antar umat beragama,” tegas Kuhu. 

    Komisioner KPU Provinsi Sulut Salman Sailangi mengatakan, sosialisasi ini untuk melibatkan seluruh kelompok masyarakat untuk dapat berpartisipasi terhadap penyelenggara pilkada. 


    “Masyarakat dibuka ruang untuk berpartisipasi penuh dan juga ada beberapa tahapan yang akan dilaksanakan melibatkan seluruh element masyarakat, LSM serta ormas,”ucap Sailangi. 

    Ketua KPU Minut Stella Runtu mengajak pemerintah, TNI/Polri, Bawaslu dan seluruh elemen masyarakat, marilah kita sukseskan pilkada nanti tepatnya pada tanggal 23 September 2020. 

    “Minut akan ada mengadakan dua pemilihan dan menerima dua kertas suara yaitu kertas suara Gubernur wakil gubernur provinsi Sulut dan kertas suara bupati dan wakil bupati Minahasa Utara,” ujar Runtu. 

    Sementara itu, Darul Halim, selaku ketua divisi Teknis Penyelenggaraan mengatakan, kami ingatkan kepada masyarakat yang akan mendukung calon perseorangan perlu hati-hatian memberikan dukungan, karena saat ini akan datang pada masyarakat semua tim dari calon persorangan untuk meminta dukungan mengisi formulir B1KWK “Kenali formulir itu, kemudian isi dengan baik sesaui dengan nomor KTP elektronik dan kemudian di tandatangani. Jangan tanda tanagan apabila belum ada blanko B1KWK,” kata Halim sembari dirinya mengatakan bahwa TNI/Polri, ASN, perangkat desa dan juga penyelanggara pemilu tidak boleh mendukung. 

    Disisi lain, Dikson Lahope ketua Divisi Perencanaan, Data, dan Informasi mengatakan, Pilkada Bupati dan wakil bupati 2020 nanti, KPU siap melaksanakan tahapan pilkada. 


    “KPU Minut akan melaksanakan pendataan pemilih, akan diawali dengan penerimaan daftar potensi penduduk pemilih DP4 yang akan diluncurkan oleh kemendagri pada bulan Januari,”ujar Lahope. 

    Disamping itu, Robby Manoppo Ketua divisi hukum dan pengawasan mengatakan, dalam gerak langkah dan irama kebersamaan, marilah kita sukseskan pilkada 2020. 

    “Pilkada 2020 nanti, marilah kita menjunjung persaudaraan dan tetap taat pada regulasi undang-undang berlaku,”tutur Manoppo. Sementara itu, Hendra Lumanauw, ketua Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat, dan Sumber Daya Manusia mengatakan, pemilu pilpres dan pileg tahun 17 April 2019 yang lalu tingkat partisipasi masyarakat kabupaten Minut angka signifikan dari target yang diberikan kepada KPU Minut 77,5 persen. 

    Akan tetapi target di Minut tercapai dan memuaskan dengan angka 82,01 persen. “Ini adalah kesuksesan kita bersama, termasuk pemerimtah daerah serta DPRD, forkopimda dan rekan-rekan peserta pemilu. Bagaimana memberikan pendidikan pemilih, bagaimana pemilih menjadi yang cerdas,”tutup Lumanauw. 

    Turut hadir dalam lunching ini, Kajari Minut Ketua DPRD Minut Denny Lolong, Kajari Minut Fanny Widyastuti SH MH, Kapolres Minut AKBP Grace Krina Rahakbau SIK, Dandim 1310 Bitung, Anggota DPRD Provinsi Sulut Jhoni Panambunan, Bawaslu Minut, Sekretaris KPU Minut Winda Tulangouw, LSM, Ormas dan tokoh Masyarakat. (Tommy)
    • Comments
    • FB Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: KPU Gelar Launching Pilkada Tahun 2020 Berlangsung Meriah Rating: 5 Reviewed By: elnusanews/com
    Scroll to Top