• Berita Terbaru

    September 11, 2021

    elnusanews/com September 11, 2021

    Komisi I DPRD Sulut Lakukan Kunker Ke Bolmong dan Kotamobagu. HVK Ingatkan Sangadi Soal Pengelolaan DanDes Agar Tepat Sasaran

     


    DEPROV,Elnusanews -- Pimpinan dan Anggota Komisi I DPRD Sulut Kamis (9/9/21) lalu, melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) dan Kota Kotamobagu.

    Kepada wartawan, Wakil Ketua Komisi I DPRD Sulut Herol Vresly Kaawoan (HVK) mengatakan kunjungan kerja Komisi I ke Desa Passi dan Desa Pangian, kabupaten Bolaang Mongondow dalam rangka koordinasi terkait dengan penyaluran Dana Desa untuk pelaksanaan program Padat Karya Tunai. Sementara di Kota Kotamobagu pimpinan dan anggota komisi I melakukan Kunjungan Kerja ke Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa guna menjalankan fungsi pengawasan DPRD terkait pemilihan serentak Sangadi.
    Dari hasil kunjungan kerja tersebut dijelaskan politisi Gerindra ini, di Desa Passi untuk Program PKT, Desa Passi melakukan Pembangunan Sarana dan Prasarana Olahraga di Lapangan Elang Taruna, dengan Anggaran sebesar, Rp. 142.240.000.

    "Untuk pengerjaan, dilakukan oleh Masyarakat Desa Passi. Untuk pengelolaan Administrasi dana desa, Desa passi baik dan tepat waktu," jelas Kaawoan.

    Sementara ,untuk di Desa Pangian, Program PKT, Desa Pangian melakukan Pembangunan Untuk akses ke wilayah Pertanian.

    "Untuk anggaran pembangunan akses jalan sebesar, 225 juta dan untuk drainase sebesar 400 juta. Untuk pembangunan akses, dilakukan oleh masyarakat Desa Pangian," terang Kaawoan.

    Lanjut Kaawoan, sementara untuk hasil kunjungan kerja ke Dinas PMD Kota Kotamobagu, Komisi I mendapat informasi di mana untuk Kotamobagu memiliki 15 Desa yang akan melakukan Pemilihan Serentak.

    "Dinas PMD telah membuat penataan aturan melalui Peraturan Daerah tentang Pemilihan Sangadi  di Musim Pandemi. Untuk peraturan daerah, sementara difasilitasi oleh Biro Hukum Setda. Provinsi Sulut, ketika Perda telah selesai difasilitasi oleh Biro Hukum, maka akan dilaksanakan Penetapan oleh DPRD Kotamobagu. Setelah selesai Dinas PMD juga akan membuat Petunjuk Pelaksanaan Teknis melalui Perwako. Pelaksanaan Pemilihan Sangadi Yang rencannya akan dilaksanakan pada tahun 2021, akan ditunda pelaksanaannya pada tahun 2022, dikarenakan ada beberapa mekanisme yg akan dilakukan sebelum pemilihan," jelas Kaawoan.

    Dalam Kunjungan kerja tersebut, pimpinan dan anggota Komisi I DPRD Sulut diterima oleh,
    Sangadi Desa Passi, Bapak Delianto Bengga, dan di Desa Pangian diterima oleh Sangadi Ibu Grace Wauran. Sementara itu di Dinas PMD diterima oleh Kadis PMD Bapak Nasli Paputungan dan jajaran.

    Dalam kunjungan kerja di desa Passi dan Desa Pangian, Kaawoan juga  tidak lupa selalu mengingatkan dan menyampaikan kepada Sangadi/kepala desa agar dalam mengelola dana desa supaya tepat guna dan sasaran.

    Hadir dalam kunjungan kerja tersebut,Ketua komisi I Vonny Paat, Wakil ketua Herol V Kaawoan, Sekretaris Muhamad Wongso, anggota Novita Rewah, Arthur kotambunan, Muslimah Mongilong dan Kabag Umum Sekretariat DPRD Jhon Herman Paerunan. (RaKa)
    • Comments
    • FB Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Komisi I DPRD Sulut Lakukan Kunker Ke Bolmong dan Kotamobagu. HVK Ingatkan Sangadi Soal Pengelolaan DanDes Agar Tepat Sasaran Rating: 5 Reviewed By: elnusanews/com
    Scroll to Top