• Berita Terbaru

    September 13, 2021

    elnusanews/com September 13, 2021

    Mewakili Bupati Roring, Kadis Agustivo Tumundo Buka Kegiatan Penyusunan Master Plan Smart City Tahap II


    MINAHASA, Elnusanews - Pemerintah Kabupaten Minahasa menggelar kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Teknis Penyususnan Masterplan Smart City Tahap II. Kegiatan tersebut dibuka oleh Bupati Minahasa Dr. Ir. Royke Oktavian Roring, M,.Si yang diwakili Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Agustivo Tumundo, SE, M.Si, Senin 13/9/2021 bertempat di Aula Benteng Moraya Tondano.

    Diawali dengan Laporan Kepala Bidang E-Government Dinas Kominfo Minahasa Gogen Ngantung SE ini, dilanjutkan dengan sambutan mewakili Dirjen Aptika Kementerian Kominfo RI Febrina Theresia Siahaan dan sambutan Bupati Minahasa yang diwakili oleh Kepala Dinas Komiinfo Minahasa Agustivo Tumundo SE, M.Si sekaligus membuka kegiatan.

    Dalam sambutannya, Bupati Royke Octavian Roring dan Wakil Bupati Robby Dondokambey mengapresiasi kegiatan yang mendapat dukungan dari Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia ini.

    Dikatakan Bupati bahwa Smart city adalah konsep pembangunan pemerintah daerah yang berdaya saing dan berkelanjutan, dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi serta inovasi.


    “Setiap program yang dilaksanakan oleh pemerintah daerah akan bermanfaat langsung kepada masyarakat, dan masyarakat merasakan aman, nyaman, mudah, sehat, makmur, yang pada akhirnya akan meningkatkan kinerja pemerintah daerah dan meningkatkan partisipasi masyarakat, sehingga setiap aspek kehidupan kita sudah didukung dengan teknologi informasi dan komunikasi yang membuat kehidupan kita lebih baik lagi,” tuturnya.

    Lanjut Bupati, dalam rangka pelaksanaan Smart City di daerah dalam bentuk Smart Governance, Smart Branding, Smart Economy, Smart Living, Smart Environment, dan Smart Society, perlu disusun rencana aksi yaitu, Pertama, Perencanaan terkait dengan kebijakan-kebijakan, Kedua, Rencana aksi terkait pemenuhan infrastruktur fisik, digital, teknologi, dan sosial, Ketiga, Penyiapan aplikasi yang mendukung proses bisnis, baik yang sudah disiapkan dari pusat maupun aplikasi khusus di daerah dengan konsep yang tidak berdiri sendiri termasuk datanya yang harus berbagi pakai, dan Keempat, rencana aksi penyiapan program-program untuk mendukung literasi masyarakat khususnya literasi digital.

    “Pada kesempatan ini, ijinkan saya atas nama Pemerintah Kabupaten Minahasa menyampaikan terima kasih kepada Kementerian Komunikasi dan Informatika RI yang telah mendukung kami melalui program Gerakan Menuju Smart City. Terima kasih juga kepada para pembimbing dan tenaga ahli yang sampai dengan saat ini terus membantu kami dalam rangka penyusunan master plan Smart City ini”  urainya.

    Bupati berharap seluruh peserta dapat mengikuti kegiatan ini dengan sebaik-baiknya, dan kiranya melalui kegiatan ini dapat mewujudkan Minahasa yang maju dalam ekonomi dan budaya, berdaulat, adil dan sejahtera..

    Adapun Nara Sumber kegiatan ini yaitu Tim Pembimbing dan para Tenaga Ahli dari Kementerian Kominfo RI, masing-masing Andrari Grahitandaru MSc, Dr Eng Irwan Prasetyo MPM dan Ir Luthfy Aziz Lubis MT.

    Sedangkan Peserta Bimtek terdiri dari utusan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan Kecamatan se- Kabupaten Minahasa.

    Turut hadir dalam pembukaan tersebut Sekretaris Dinas Kominfo Anneke Rantung SE, Kepala Bidang Informasi Komunikasi Publik Reky Taniowas SE, Kepala Bidang Teknologi Informasi Komunikasi Sepdy Tumengkol ST dan Kepala Bidang Statistik dan Persandian Buslar Sanger SE.

    (Jonly bamz)

    • Comments
    • FB Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Mewakili Bupati Roring, Kadis Agustivo Tumundo Buka Kegiatan Penyusunan Master Plan Smart City Tahap II Rating: 5 Reviewed By: elnusanews/com
    Scroll to Top