• Berita Terbaru

    August 17, 2022

    elnusanews/com August 17, 2022

    Tamuntuan Buka Secara Resmi Pentas Seni Budaya Maobungang


    SANGIHE, Elnusanews- Penjabat Bupati Kepulauan Sangihe,dr Rinny Tamuntuan resmi membuka Pentas Seni Budaya Maobungang. Pada hari Selasa17-8-2022 yang bertempat di Tribun Kecamatan Manganitu, dalam sambutannya Tamuntuan memberikan apresiasi Camat Manganitu dan jajaran yang ada di Kecamatan Manganitu dengan terlaksananya Pentas Seni Budaya.

    "Kabupaten Sangihe ini sangat banyak budaya-budaya yang harus kita lestarikan, harus kita angkat seperti salah satu contoh masamper, puji syukur kepada Tuhan karena beberapa hari yang lalu Kabupaten Kepulauan Sangihe sudah memiliki atau sudah di patenkan untuk beberapa budaya asli dari Kabupaten Kepulauan Sangihe yaitu Masamper, musik Tagonggong dan musik Lide. Untuk itu kita juga memberikan apresiasi kepada Kabupaten Kepulauan Sangihe yang sudah berhasil mematenkan dengan di terimanya sertifikat dari Kementerian Hukum dan HAM untuk ketiga budaya asli Kabupaten Sangihe," tutur Tamuntuan.

    "Kita ketahui seperti musik Tagonggong dan musik Lide itu yang sudah hampir punah jadi untuk itu sudah selayaknya Pemerintah Kabupaten Kepulauan Sangihe harus mengangkat dua budaya ini. Untuk Masamper merupakan budaya asli Kabupaten Sangihe yang sudah membuming jadi jangan sampai ada daerah lain yang mengklaim sebagai hak cipta mereka," pungkas Rinny. 


    Ia pun berharap pelaksanaan Pentas Seni Budaya Maobungang bisa berjalan dengan lancar.

    "Terima kasih juga kepada Dewan Adat atas sinergitas dengan Pemerintah Kabupaten sehingga hari Masamper Kabupaten Sangihe di setujui setiap tanggal 18 Agustus. Jadi selain kita memperingati hari Kemerdekaan kita juga akan memperingati hari Masamper setiap Tahunnya," tutupnya.

    Saat ini Pemerintah Kabupaten Sangihe juga mengundang seluruh masyarakat Kecamatan Manganitu untuk meramaikan pemecahan rekor Muri dengan peserta terbanyak menampilkan kesenian Masamper di Boulevard Tahuna. 

    Selain itu kami juga mengingatkan untuk masyarakat Kecamatan Manganitu agar tetap menjaga protap kesehatan. Sebagai perpanjangan tangan dari Pemerintah Pusat dan Provinsi saya juga mengingatkan dalam hal peningkatan vaksinasi.


    Saya mengharapkan di bawah pimpinan Camat Manganitu untuk menyampaikan kepada masyarakat tentang betapa pentingnya vaksin agar supaya ketika kita melaksanakan kegiatan kita sudah dalam kondisi aman karena sudah tervaksin. 

    Karena sampai saat ini kita tidak mengetahui kapan akan berakhirnya Pandemi Covid ini. Sama seperti apa yang di sampaikan Bapak Presiden pada Pidato Kenegaraan kemarin.

    Sebelumnya Ketua Panitia Nober Laodini, S.Pd dalam laporannya mengatakan yang menjadi dasar pelaksanaan kegiatan adalah Hasil Rapat Koordinasi Camat Bersama Kapitalaung Bulan April 2022

    “Rapat Camat bersama Tokoh Masyarakat dan lintas sector pada bulan Juni 2022, Surat Keputusan Camat Manganitu Nomor 3 Tahun 2022, Tanggal 1 Juli 2022 tentang pembentukan Panitia Pelaksana Pentas Seni Budaya Maobungang tahun 2022,” urai Nober.

    Adapun yang menjadi tujuan di adakannya kegiatan Pentas Seni Budaya Maobungang yakni Menciptakan wadah pentas pengembangan seni budaya daerah.

    “Meningkatkan kecintaan masyarakat terhadap seni budaya daerah, Mewujudkan wadah pembinaan Seni budaya daerah serta Memupuk semangat kebrsamaan antara Pemerintah bersama seluruh elemen masyarakat dalam rangka melestarikan seni budaya,” tukas Laodini.

    Kegiatan PSBM akan di laksanakan mulai Tanggal 17 – 27 Agustus 2022 bertempat di Tribun Kec. Manganitu dengan jenis kegiatan sebagai berikut.

    1. Lomba Gerak Jalan Antar Instansi se – Kecamatan Manganitu 

    Waktu Pelaksanaan Rabu, 17 Agustus 2022 Jam 13.00

    2. Lomba Memoto Tamo antar SD dan SMP 

    Waktu Pelaksanaan Rabu, 17 Agustus 2022 Jam 18.30

    3. Lomba Mesampere Antar SD, SMP 

    Waktu Pelaksanaan Jumat, 19 Agustus 2022 Jam 16.00

    4. Lomba busana Daerah antar TK/PAUD/Kober/Sejenis

    Waktu Pelaksanaan Sabtu, 20 Agustus 2022 Jam 09.00

    5. Lomba Ampa wayer antar SD dan SMP

    Waktu Pelaksanaan Sabtu, 20 Agustus 2022 Jam 16.00

    6. Lomba Masamper Umum

    Waktu Pelaksanaan Jumat, 26 Agustus 2022 Jam 19.00

    7. Lomba Paduan Suara Antar Kampung

    Waktu Pelaksanaan Rabu, 24 Agustus 2022 Jam 19.00

    8. Lomba Fotografi dan Pameran Foto/Lukisan/UMKM

    9. Lomba Kebersihan Kampung

    10. Lomba Perahu Hias 

    Yang akan star dari Tawoali dan finish di Kampung Sesiwung dan akan di laksanakan Bakar Ikan Massal sekaligus penutupan Pentas Seni Budaya Maobungang Waktu Pelaksanaan Sabtu, 27 Agustus 2022 Jam 15.00

    Hadir pada pembukaan Pentas Seni Budaya Maobungang Kepala Dinas Pendidikan Djoli Mandak MPd, Kepala Dinas Pariwisata Femmy Montang, Anggota DPRD Kabupaten Sangihe, Kapolsek Manganitu Iptu Nuryani Kampungbae, Danramil Manganitu Pelda Ferdinand Mauso, Kapitalaung Se Kecamatan Manganitu, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Tokoh Adat.



    (DN)

    • Comments
    • FB Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Tamuntuan Buka Secara Resmi Pentas Seni Budaya Maobungang Rating: 5 Reviewed By: elnusanews/com
    Scroll to Top