• Berita Terbaru

    August 18, 2022

    elnusanews/com , August 18, 2022

    PEMPROV SULUT SUKSES GELAR RANGKAIAN PERAYAAN 77 TAHUN INDONESIA MERDEKA



    SULUT,Elnusanews - Rangkaian Peringatan HUT RI Ke 77 Pemerintah Provinsi Sulut, Khidmat, Sederhana, Sarat Makna.

    "SULUT PULIH LEBIH CEPAT BANGKIT LEBIH KUAT PEMERINTAH PROVINSI SULAWESI UTARA.

    RANGKAIAN Peringatan HUT Republik Indonesia (RI) ke 77 Tahun oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulut, Rabu (17/8/2022) berjalan lancar dan sukses.  Seluruh rangkaian kegiatan yang dipusatkan di Lapangan Kantor Gubernur Sulut tersebut, berlangsung secara Khidmat.



    Rangkaian kegiatan HUT RI ke 77 ini diawali dengan Pengukuhan Pasukan Pengibar Bendera Merah Putih (Paskibraka) Sulut yang dipimpin oleh Wakil Gubernur Sulut Steven Kandouw, Senin (15/7/2022).



    Kegiatan pengukuhan yang berlangsung khidmat ini bermakna bahwa paskibraka berjiwa ksatria satu perkataan dan perbuatan bertanggung jawab, rela berkorban untuk Indonesia.

    “Dengan memohon ridho Allah Yang Maha Kuasa. Pada hari ini Saya mengukuhkan Saudara-Saudara sebagai Pasukan Pengibar Bendera Pusaka yang akan bertugas di Provinsi Sulawesi Utara pada tanggal 17 Agustus 2022. Semoga Tuhan yang Maha Kuasa memberikan rahmat dan kemudahan dalam tugas negara,” ucap Kandouw.

    Rangkaian kegiatan HUT RI ke 77 kemudian dilanjutkan dengan pelaksanaan Apel Kehormatan dan Renungan Suci di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kairagi Manado, Rabu (17/8/2022) tepat pukul 00.00 Wita.



    Wakil Gubernur Drs Steven OE Kandouw yang bertindak selaku Inspektur Upacara (Irup) mengatakan, Bangsa yang besar adalah Bangsa yang menghormati jasa para pahlawannya. Untuk itu, Apel Kehormatan dan Renungan Suci ini merupakan bentuk penghormatan terhadap pejuang bangsa telah gugur mempertahankan Kemerdekaan Indonesia.

    Dengan penuh khidmat dan khusyuk seluruh jajaran Forkopimda, Ketua DPRD Sulut Andi Silangen dan Pj Sekdaprov Sulut Praseno Hadi mengikuti tahap demi tahap Apel Kehormatan dan Renungan Suci.



    “Kami menyatakan hormat yang sebesar-besarnya atas keikhlasan dan kesucian pengorbanan saudara-saudara sebagai pahlawan dalam pengabdian tehadap perjuangan, demi kebahagiaan negara dan bangsa,” ucap Kandouw saat pembacaan Naskah Apel Kehormatan dan Renungan Suci.

    Tepat pada Rabu (17/8/2022) pagi, Upacara HUT ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia digelar dan berlangsung hikmat di halaman Kantor Gubernur Sulut.



    Bertindak selaku Inspektur Upacara (Irup) Gubernur Sulut Olly Dondokambey yang upacara ini berlangsung sederhana dengan menerapkan protokol kesehatan.

    Sang Saka Merah Putih dikibarkan para petugas Paskibraka yang disaksikan para tamu dan undangan.



    Usai memimpin Upacara HUT ke-77 Proklamasi Kemerdekaan RI, kepada media, Gubernur Olly yang didampingi Wakil Gubernur Drs Steven OE Kandouw mengajak masyarakat Bumi Nyiur Melambai Provinsi Sulawesi Utara untuk tetap mematuhi protokol kesehatan selama masa Pandemi Covid-19 berlangsung.

    “Kita semua patut mematuhi Protokol kesehatan untuk melawan Covid-19, sekaligus kita bersyukur karena meski di tengah pandemi Covid-19, ekonomi di Sulut kita mulai bangkit dari keterpurukan dan bertumbuh positif,” kata Gubernur Olly.



    Lanjut Gubernur Olly, sama seperti falsafah “Sayur Pare. Hadapi pahit dulu mar serta so makang sadap nah itu. Kita bersyukur karena di HUT ke 77 RI, ekomoni Sulut khususnya bangkit lebih luas untuk indonesia. Mencapai pertumbuhan ekonomi yang ditargetkan malah melebihi. Mudah-mudahan momentum HUT RI ke 77 ini membangkit semangat NKRI kita, semangat kita membangun untuk menjadi indonesia di macan asia,,” tutur Gubernur Sulut.



    Upacara HUT ke-77 Proklamasi Kemerdekaan RI dihadiri, Wagub Drs Steven OE Kandouw, Ketua TP PKK Provinsi Sulut, Ir Rita Maya Dondokambey Tamuntuan, Wakil Ketua TP PKK Sulut dr Kartika Devi Kandouw Tanos MARS, Sekdaprov Praseno Hadi, Ketua DPRD Sulut dr Andy Silangen, unsur Forkopimda Sulut dan undangan.



    Di sore harinya, Pemprov Sulut melaksanakan Upacara Penurunan Bendera Merah Putih di Lapangan Kantor Gubernur Sulut. Gubernur Sulut Olly Dondokambey kembali bertindak selaku Irup. Adapun yang menjadi komandan upacara yaitu Komandan Batalyon Zeni Tempur 19/Yuda Karya Letkol CZI Hanif Tupen. Sementara Pabanda Komsos Staf Teritorial Kodam XIII/Merdeka Mayor ARM Reynold Christian Siregar sebagai Perwira Upacara, dan Komandan Kompi Bantuan Yonzipur 19/Yuda Karya Nyata Letnan Satu CZI Roby Wicaksono.



    Untuk anggota Paskibraka, bertugas sebagai Penurun Bendera yaitu Sean Lukas (Manado), Tegar Mokoginta (Kotamobagu) dan Crivel Kasjasi (Bitung). Sementara untuk Pembawa Baki yakni Kristiani Rumagit (Kepulauan Sangihe), dengan pendamping Nagita Aulia Tajib (Kotamobagu).



    Seluruh rangkaian kegiatan HUT RI ke 77 di Tahun 2022 ini, ditutup dengan keikutsertaan  Gubernur Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Steven O.E. Kandouw pada Upacara Penurunan Bendera Negara Sang Merah Putih yang berlangsung di Istana Merdeka Jakarta secara virtual dari Rumah Dinas Gubernur.



    Presiden Joko Widodo bertindak sebagai Inspektur Upacara dan sebagai Komandan Upacara Kolonel Pnb. Agni Prayogo.

    Penurunan Bendera Merah Putih dilakukan oleh anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) yang dinamai Pancasila Sakti. Bertugas sebagai Komandan Kelompok 8 Arnold Steven Sinaga (Sulawesi Tenggara), pembentang bendera Isra Mashel Arifin (Banten), pengerek bendera Muhammad Rajwa Al Farizi, dan pembawa bendera setelah diturunkan Ayumi Putri Sasaki (Jawa Timur).



    Kemudian bendera diserahkan kepada Presiden Joko Widodo selaku Inspektur Upacara untuk disimpan kembali. Bendera Negara Sang Merah Putih dan Naskah Proklamasi dipindahkan dari Istana Merdeka menuju Monumen Nasional.



    Hadir mengikuti Upacara Penurunan Bendera secara virtual di Rudis Gubernur, jajaran Forkopimda Sulut, Sekdaprov Praseno Hadi, Ketua TP-PKK Sulut Rita Maya Dondokambey-Tamuntuan, Sekretaris TP-PKK Sulut Kartika Devi Kandouw-Tanos dan Pejabat Tinggi Pratama di lingkungan Pemprov Sulut.


    (Advetorial Diskominfo Sulut)

    • Comments
    • FB Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: PEMPROV SULUT SUKSES GELAR RANGKAIAN PERAYAAN 77 TAHUN INDONESIA MERDEKA Rating: 5 Reviewed By: elnusanews/com
    Scroll to Top