• Berita Terbaru

    August 17, 2022

    elnusanews/com August 17, 2022

    Moment HUT RI Ke 77, Warga Kamasi Lingkungan Enam Makan Bersama Beralas Daun Pisang


    TOMOHON, Elnusanews - Berbagai macam kegiatan guna memeriahkan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia ke 77 Tahun.

    Namun ada yang unik yang dilakukan oleh  warga Lingkungan enam Kelurahan Kamasi, Kecamatan Tomohon Tengah, Kota Tomohon. Di moment peringatan HUT RI yang bertemakan  pulih lebih cepat bangkit lebih kuat tersebut, kepala lingkungan dan wakil kepala lingkungan bersama warganya merayakan dengan makan bersama.


    Moment makan bersama tersebut tak tanggung-tanggung, dimana warga setempat dan sejumlah tamu diajak makan  bersama beralas daun pisang.

    Kepada media ini, Rabu 17/8/2022 Kepala lingkungan Jemmy Supit didampingi wakil kepala lingkungan Recky Tarore mengatakan, peringatan HUT Proklamasi sejak dilanda Virus Covid 19 tidak lagi kami rayakan seperti sekarang. “Saat ini kita bersyukur sudah boleh merayakan walaupun dengan mematuhi protokol kesehatan.” Katanya

    “Sudah menjadi tradisi di kelurahan Kamasi khususnya di lingkungan enam, dalam memeriahkan HUT Proklamasi kami bersama masyarakat merayakan dengan makan  bersama.” Ujarnya.

    Namun, lanjut dia, memang makan bersama malam ini sangat berbeda dengan yang sebelumnya. “Kalau dulu kita makan bersama menggunakan peralatan makan atau piring, Kali ini  kita beralas daun pisang.
    “Ujar kepala lingkungan yang akrab disapa Empoy.

    “Sebenarnya ide ini merupakan masukan atau ide-ide dari warga disini, sehingga kami selaku kepala lingkungan dan wakil kepala lingkung beranggapan bahwa ide tersebut boleh dilakukan.” Teranganya.

    Dijelaskannnya, untuk makanan, sesuai kesepakatan warga masak dan dibawah masing-masing. Jadi kita disini hanya menyiapkan beberapa meja makan panjang yang sudah dialas dengan daun pisang.

    “Tuntunnya makan beralas daun pisang ini, selain merajud kebersamaan antar warga lewat moment HUT RI, tuntu juga kami ingin mempertahankan tradisi orang Minahasa tempo dulu yakni makan berlaskan daun pisang.” Pungkasnya semberi berharap tradisi ini dapat dipertahankan sehingga menimbulkan  kebersamaan antar warga yang muaranya pada tradisi gotong royong semakin kuat.



    (Jonly bamz)

    • Comments
    • FB Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Moment HUT RI Ke 77, Warga Kamasi Lingkungan Enam Makan Bersama Beralas Daun Pisang Rating: 5 Reviewed By: elnusanews/com
    Scroll to Top