• Berita Terbaru

    August 30, 2022

    elnusanews/com , August 30, 2022

    Terkait Penyerapan APBD Sulut 2022, Kemendagri Lakukan Pendampingan



    SULUT,Elnusanews - Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) memberikan asistensi dan pendampingan kepada Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara (Pemprov Sulut) dalam penyelenggaraan pemerintahan, khususnya pada percepatan penyerapan APBD 2022. 

    “Hal ini tentunya sangat bermanfaat kita semua. Karena disamping untuk memenuhi target-target pembangunan, juga untuk menggenjot perekonomian secara umum, serta turut menjamin daya beli masyarakat dengan mengendalikan inflasi,” ungkap Penjabat Sekdaprov Sulut Praseno Hadi, saat menghadiri Rapat Asistensi Percepatan Penyerapan APBD T.A. 2022, di Inspektorat Jenderal dan Direktorat Jenderal Bina Keuangan Daerah Kementerian Dalam Negeri RI di Ruang FJ Tumbelaka Kantor Gubernur Sulut, Senin (29/8/2022).


    Ia menjelaskan, seperti yang diketahui bersama, saat ini perekonomian global sangat terganggu, baik itu karena pandemi Covid-19 yang belum selesai secara tuntas, maupun karena adanya perang Rusia–Ukraina serta perlambatan pertumbuhan ekonomi di seluruh negara di dunia. 

    “Mau tidak mau, hal ini sangat perekonomian kita termasuk di Sulawesi Utara. Untuk itu Presiden Jokowi bersama para menteri serta DPR RI terus melakukan berbagai langkah dan terobosan dalam upaya menjaga inflasi dan mengendalikan harga, utamanya bahan pokok,” imbuhnya. 

    Sementara itu, Inspektur IItjen Kemendagri Bachtiar Sinaga, dalam paparannya terkait substansi kegiatan mengungkapkan bahwa fungsi pengawasan keuangan daerah termasuk penyerapan APBD sangat diperlukan, mengingat Indonesia masih mengalami sisa-sisa dampak ekonomi karena pandemi Covid-19. 

    Untuk itu ia menjelaskan, ada beberapa langkah yang perlu diambil antara lain yaitu memastikan kendala yang dihadapi dan rencana target penyerapan APBD untuk dilaporkan ke Mendagri Tito Karnavian dan kemudian diteruskan kepada Presiden Joko Widodo, serta memastikan dan memberikan keyakinan yang memadai kepada APIP daerah untuk melaksanakan tugas dan fungsinya sesuai dengan amanat Undang-Undang. 

    “Selain itu, perlu dilakukan pengawasan dan pengawalan terhadap penyerapan APBD sehingga dapat memberidaya ungkit perekonomian masyarakat dan perekonomian nasional secara umum,” terangnya. 

    “Olehnya itu, target kita hari ini adalah terverifikasinya dokumen yang diperlukan dalam peningkatan realisasi atau penyerapan anggaran,” lanjutnya. 

    Hadir dalam kegiatan tersebut, jajaran Itjen dan Ditjen Bina Keuangan Daerah Kemendagri, sejumlah Kepala Perangkat Daerah dan pejabat terkait di lingkup Pemprov Sulut maupun yang ada di pemerintah kabupaten/kota se-Sulut.(roker/*)


    • Comments
    • FB Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Terkait Penyerapan APBD Sulut 2022, Kemendagri Lakukan Pendampingan Rating: 5 Reviewed By: elnusanews/com
    Scroll to Top