• Berita Terbaru

    August 27, 2022

    elnusanews/com , August 27, 2022

    Alexander Wattimena Beberkan Program SPAM Regional di Sulut



    SULUT,Elnusanews - Bertempat di Luwansa Hotel and Convention Centre Manado Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey SE menghadiri Workshop  Laporan Antara Perencanaan Teknis Terinci (DED/Detail Engineering Design) Spam Regional Bimatara Kegiatan Project Preparation Consultant (PPC) Firm For East Indonesia Regional Water Supplay Systim Development di Provinsi Sulawesi Utara, yang diwakili Kepala Dinas PUPR Sulut Ir. Alexander Wattimena , Jumat (26/08/2022).

    Pada kesempatan ini Wattimena mengatakan bahwa Perencanaan dibidang air bersih dalam rangka memenuhi kebutuhan air bersih khususnya di Sulawesi Utara, harus direncanakan secara matang dan terukur sebagaimana yang telah diamanatkan melalui program-program pemerintah baik di tingkat pusat maupun daerah,
    Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN)
    2020 — 2024 telah menetapkan target pembangunan SPAM 10.000.000 Sambungan Rumah dan Debit 10.150 liter/detik di 34 Provinsi selama periode 2020 — 2024. Hal ini dilatarbelakangi oleh capaian akses air minum layak pada tahun 2019 yang masih 89,27%, dimana akses air minum jaringan perpipaan hanya 20,180 dan sisanya masih berupa jaringan non-perpipaan. Selain itu, masih juga menjadi tantangan ketika terdapat defisit air baku 181 m³/detik sedangkan baru 56% PDAM yang memiliki kinerja sehat," urai Watimena pada kesempatan ini. 

    Di Sulawesi Utara sendiri, kebutuhan akan program SPAM Regional didasari oleh capaian akses aman air minum di Provinsi pada tahun 2019 baru mencapai 72,11%. Terdiri atas jaringan perpipaan sebesar 20,84 % dan jaringan non perpipaan 51,27 %,  tambah Wattimena. 

    Menurut Mantan Kadis PUPR Kota Bitung ini Sebagai respon akan hal tersebut, SPAM Regional di Provinsi Sulawesi Utara sebelumnya telah disusun dalam Dokumen RISPAM Provinsi Sulawesi Utara tahun 2015 dan pada tahun 2021 telah dilakukan review Dokumen RISPAM oleh Tim dari PPC East Sulut mengingat SPAM Regional yang akan dibangun menjadi tanggung jawab bersama mulai dari Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara dan Pemerintah Kabupaten/Kota. (roker/*)

    • Comments
    • FB Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Alexander Wattimena Beberkan Program SPAM Regional di Sulut Rating: 5 Reviewed By: elnusanews/com
    Scroll to Top