• Berita Terbaru

    August 31, 2022

    elnusanews/com August 31, 2022

    Pembangunan Drainase Di Malendeng Lingkugan I Diduga Proyek Siluman


    MANADO,Elnusanews-- Pekerjaan proyek pembangunan saluran drainase di Kelurahan Malendeng Lingkungan I (Satu), Kecamatan Paal Dua, Kota Manado, Sulawesi Utara (Sulut), mulai disoroti oleh warga setempat. Pasalnya, pekerjaan proyek yang sudah berjalan beberapa hari ini tersebut tanpa ada papan nama proyek di lokasi pekerjaan.

    Hal ini menimbulkan pertanyaan besar dan sekaligus menjadi sorotan dari warga setempat, bahwa proyek yang di bangun oleh Pemerintah di Kelurahan Malendeng Lingkungan I ini Diduga proyek siluman, sebab sama sekali tidak terpasang papan nama informasi proyeknya saat dilaksanakan kegiatan pekerjaan.

    “Proyek yang dikerjakan tanpa menggunakan papan proyek itu indikasinya sebagai trik untuk membohongi masyarakat agar tidak termonitoring besar anggaran dan sumber anggaran,” tegas salah satu warga pada awak media elnusanews.com belum lama ini.

    Sesuai Undang-Undang Keterbukaan Informasi Publik (KIP) Nomor 14 Tahun 2008 dan Perpres Nomor 54 Tahun 2010 dan Nomor 70 Tahun 2012, dimana mengatur setiap pekerjaan bangunan fisik yang di biayai negara wajib memasang papan nama proyek, dimana memuat jenis kegiatan, lokasi proyek, nomor kontrak, waktu pelaksanaan proyek dan nilai kontrak serta jangka waktu atau lama pekerjaan.

    Saat di wawancarai oleh beberapa media, para warga dilokasi pengerjaan proyek drainase di Malendeng Lingkungan I. "Pengerjaan drainase ini, sudah berjalan beberapa hari, dan untuk Papan plang informasi dari awal pelaksanaan memang tidak di pasang oleh pihak Kontraktor," ungkapnya.

    Hingga berita ini diterbitkan belum juga ada papan nama proyek terpasang, padahal pemasangan papan nama proyek merupakan implementasi azas transparansi, sehingga masyarakat dapat ikut serta dalam proses pengawasan.

    Setelah itu saat di konfirmasi di kantor Dinas Perumahan Dan Pemukiman (Perkim) Kota Manado PPK Proyek Kiki Kasir mengatakan, 

    Proyek ini tersebar di dua Kecamatan, yaitu Kecamatan Paal Dua dan Kecamatan Tikala dengan 60 titik di tiap Lingkungan. "Untuk papan proyek pekerjaan Drainase yang berada di Malendeng Lingkungan I ini sudah dipasang di kantor Kecamatan Paal Dua, bersama dengan pekerjaan-pekerjaan yang lain di tiap-tiap Lingkungan Se-Kecamatan Paal Dua," Kata Kasir. (Tommy)

    • Comments
    • FB Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Pembangunan Drainase Di Malendeng Lingkugan I Diduga Proyek Siluman Rating: 5 Reviewed By: elnusanews/com
    Scroll to Top