• Berita Terbaru

    January 21, 2016

    elnusanews/com , January 21, 2016

    Dihadapan Sumarsono, 7 Kabupaten MoU Perluasan Lahan Sawah

    SULUT,Elnusanews - Dalam Pelaksanaan Rakor Perluasan Lahan Sawah melalui cetak sawah baru TA 2016 Provinsi Sulut, yang digelar Dinas Pertanian dan Peternakan (Distanak) Sulut di Ruang Rapat Kantor Tersebut, Kamis (21/01) sore tadi. 

    Penjabat Gubernur Sulut 
    Dr Soni Sumarsono MDM ikut pula menandatangani Perjanjian Kerja Sama Cetak Sawah dengan tujuh Kebupaten Kota bersama Unsur TNI.

    Sumarsono mengajak untuk mewujudkan harapan ini hendaknya Kabupaten Kota terus menjalin sinergitas dengan Pemerintah Provinsi sehingga target cetak sawah dapat terlaksana dengan cepat dan tuntas. 

    Hal ini penting diingatkan mengingat animo petani terhadap budidaya tanaman sawah di daerah ini cukup tinggi, karena masyarakat Sulut sebagian besar bergantung pendapatannya keluarganya dari usaha tani padi sawah.

    "Saya berharap target luasan cetak sawah dalam tahun anggaran 2016 seluas 3.865 Ha harus benar-benar tercapai," ungkapnya

    Diakui Sumarsono pula bahwa dalam pelaksanaan cetak sawah ini tidak sedikit tantangan yang dihadapi oleh petani kita salah satunya banyak lahan pertanian telah beralih fungsi karena sudah dijadikan pemukiman penduduk dan kegiatan pembangunan bisnis lainnya.

    Sementara itu Kadis Pertanian dan Peternakan Sulut, Johanis Panelewen menyatakan diakhir Tahun 2015 telah dilaksanakan cetak sawah baru 1.880 Ha di Kabupaten Bolmong.

    Selanjutnya pada TA 2016  oleh Kementerian Pertanian RI melalui Ditjen Prasarana dan Sarana Pertanian telah mengalokasikan Dana untuk mencetak sawah baru seluas 3.865 Ha di tujuh Kabupaten Kota yaitu :
    Bolmong induk 2171 Ha
    Bolmut 32 Ha
    Boltim 110 Ha
    mitra 113 Ha
    Talaud430 Ha
    Minsel 100 Ha
    Minahasa 1310 Ha

    (ROKER)
    • Comments
    • FB Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Dihadapan Sumarsono, 7 Kabupaten MoU Perluasan Lahan Sawah Rating: 5 Reviewed By: elnusanews/com
    Scroll to Top