• Berita Terbaru

    January 27, 2016

    elnusanews/com , January 27, 2016

    Wah...! 15 Pasien Gangguan Sakit Jiwa Di "Pasung"

    SULUT,Elnusanews - Wah...! Ternyata dari 7 Kabupaten/Kota yang ada di wilayah Sulawesi Utara (SULUT) terdapat pasien gangguan sakit jiwa yang di Pasung oleh keluarga mereka. Ini sesuai pendataan dan investigasi dilapangan serta laporan yang diterima oleh pihak RSJ Prof Ratumbuysang.

    Hal ini diungkapkan oleh Direktur RSJ Prof Ratumbuysang Provinsi Sulawesi Utara, dr J.U.N.I Tampemawa kepada elnusanews.com, Rabu (28/1) pagi tadi.

    Lanjutnya, Pasien Gangguan Sakit Jiwa yang sudah terdeteksi oleh pihak RSJ Ratumbuysang yang di 'Pasung' oleh keluarga mereka terdapat di wilayah:

    1. Kabupaten Bolmut - 1 orang
    2. Kabupaten Bolmong - 2 orang
    3. Kotamobagu - 5 orang
    4. Kabupaten Minahasa - 3 orang
    5. Bitung - 1 orang
    6. Mitra - 3 orang 
    7. Minut - 1 orang

    "Namun hingga kini baru 1 pasien sakit jiwa yang sudah melapor ke Rumah Sakit yakni pasien yang berasal dari Kabupaten Minahasa Utara sudah menjalani pengobatan secara bertahap. Sedangkan pasien yang terdapat di Kabupaten Kota yang lain belum ada laporan untuk melakukan pengobatan hingga saat ini," Ungkapnya.

    Selain itu kata dia, banyak pasien gangguan sakit jiwa belum memiki BPJS. "Dan ada pula keluarga pasien malu untuk berobat dikarenakan takut diketahui warga bahwa keluarga mereka memiliki seorang pasien gangguan sakit jiwa," pungkas Direktur RSJ Prof Ratumbuysang Provinsi Sulawesi Utara, dr J.U.N.I Tampemawa.

    (ROKER)
    • Comments
    • FB Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Wah...! 15 Pasien Gangguan Sakit Jiwa Di "Pasung" Rating: 5 Reviewed By: elnusanews/com
    Scroll to Top