• Berita Terbaru

    January 30, 2016

    elnusanews/com , January 30, 2016

    Gelar Festival Mekiwuka dan Figura Tahun 2016, Disbudpar Sulut Sukses Menyita Perhatian Masyarakat

    Prosesi adat Mekimuka
    MANADO, Elnusanews - Dalam rangka melestarikan Budaya daerah di Sulawesi Utara (SULUT), Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (DISBUDPAR) Provinsi Sulut, menggelar kegiatan Festival Adat Mekiwuka Tahun yang dirangkaikan dengan Festival Figura Tahun 2016, Sabtu (30/1/16) siang.

    Festival adat Mekiwuka sendiri merupakan gelaran adat pertama yang dilaksanakan di Sulut. Sedangkan festival Figura sendiri  merupakan festival rutin tiap tahunnya.

    Festival adat Mekiwuka merupakan gelaran adat yang dilaksanakan oleh para leluhur Minahasa yang didalamnya mengandung arti mensyukuri nikmat Tuhan di tahun 2015, dan berharap di tahun 2016 ini berkat Tuhan akan melimpah.

    Kegiatan yang dilaksanakan di Lapangan Koni Sario, Kota Manado tersebut dihadiri oleh Tonaas Wangko Brigade Manguni, Nicholas Undap, dan Kadis Budpar provinsi Sulut, Happy TR Korah, yang mewakili Pj Gubernur Sulut DR Soni Sumarsono MDM.

    Kadis Budpar provinsi Sulut, Ir Happy TR Korah dalam sambutannya mengingatkan kepada para generasi muda untuk melanjutkan gelaran adat Mekimuka. Karena, itu merupakan cita-cita luhur para Petuah terdahulu,. "Kita para generasi muda juga mempunyai tanggung jawab yang besar untuk melanjutkan apa yang diamanatkan oleh para leluhur, sebagaimana gelaran adat ini yang sudah dititipkan oleh para leluhur," pungkasnya.

    Festival figura tersebut diikuti dari beberapa wilayah seperti, dari Tombariri Timur, Kota Tomohon, Kecamatan Wenang Selatan, dan beberapa sanggar tari yang ada di Sulut. RaKa
    • Comments
    • FB Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Gelar Festival Mekiwuka dan Figura Tahun 2016, Disbudpar Sulut Sukses Menyita Perhatian Masyarakat Rating: 5 Reviewed By: elnusanews/com
    Scroll to Top