• Berita Terbaru

    July 26, 2019

    elnusanews/com , July 26, 2019

    Kawatu : APBD-P Pemprov Running Oktober

    Asisten III Bidang Administrasi Umum Pemprov Sulut Gammy Kawatu.
    SULUT,Elnusanews - Anggaran Pendapatan Belanja Daerah Perubahan (APBD-P) di Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Utara (Sulut) mulai disusun. Beberapa pihak seperti gubernur, DPRD dan kementerian bakal memeriksa dan mengevaluasi APBD tersebut sebelum ditetapkan.

    Disampaikan Asisten III Bidang Administrasi Umum Pemprov Sulut Gammy Kawatu kemarin Kamis (25/7), pihaknya sudah memanggil semua Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk melakukan koordinasi dalam rangka mematangkan Rencana Kerja Anggaran (RKA), terkait dengan APBD-P 2019.

    Menurutnya, semua OPD harus bekerja sesuai dengan dokumen perencanaan baik Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) dan Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD).

    "Kita berharap, pada awal Agustus nanti, draft RAPBDP ini sudah selesai untuk disampaikan kepada pimpinan. Dan kita akan melakukan finalisasi dulu, sebelum diteruskan ke pak gubernur dan DPRD. Dan kita berharap, pada akhir Agustus APBDP ini sudah tuntas. Karena masih ada dua Minggu lagi harus dievaluasi kementerian pada bulan September. Sehingga bisa efektif berjalan pada satu Oktober," tuturnya.

    Kawatu menekankan bahwa belanja wajib harus terus diprioritaskan. Menurutnya, kegiatan utama dalam OPD tersebut harus bisa dilaksanakan sesuai waktu dan anggaran yang diberikan. Tidak boleh menurut Kawatu, kegiatan tambahan diprioritaskan dalam APBDP. Bukan hanya itu, kegiatan baru tidak akan diakomodir dalam anggaran. Sehingga, semua belanja wajib dari OPD bisa dilaksanakan dengan baik.

    "Kegiatan tambahan dan baru tidak boleh diprioritaskan. Karena akan salah jika dipaksakan, karena tidak masuk dalam RPJMD dan RKPD. Bisa masuk, tapi hanya untuk masalah kebencanaan. Itu memang harus ada alokasi melalui dana khusus. Karena kejadian bencana ini, tidak bisa diduga-duga sehingga harus tetap ada alokasi yang diberikan. Namun kalau untuk kegiatan baru di OPD, itu tidak akan diakomodir," imbuhnya.

    (ROKER)

    • Comments
    • FB Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Kawatu : APBD-P Pemprov Running Oktober Rating: 5 Reviewed By: elnusanews/com
    Scroll to Top