• Berita Terbaru

    July 11, 2019

    elnusanews/com July 11, 2019

    Pemkab dan BPS Minahasa Gelar Focus Discussion Group

    MINAHASA, Elnusanews - Pemerintah Kabupaten Minahasa bersama Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Minahasa menggelar kegiatan Focus Discussion Group Penyusunan Publikasi Minahasa dalam Angka Tahun 2019, bertempat di Nirwana Cafe and Resto Tondano, Kamis 11/7/2019.

    Kegiatan tersebut dihadiri oleh Sekretaris Daerah Kab. Minahasa Jeffry Korengkeng, SH, M.Si, Kepala Badan Pusat Statistik Kab. Minahasa Leopord Richard Rawung, SE, Kepala Dinas Pendidikan Kab. Minahasa Drs.Riviva Maringka, M.Si, dan seluruh peserta yang mengikuti forum diskusi ini.
    Menurut Korengkeng data saat ini menjadi salah satu faktor yang penting dalam kehidupan kita. Dimana bukanhanya dipkai untuk penelitian tetapi juga digunakan untuk penyebaran informasi, evalusasi maupun perencanaan pembangunan, seperti dalam merancang dan menentukan pengambilan kebijakan pemerintah.

    Dijelaskannya bahwa  sekarang ini, pemerintah maupun pihak-pihak lain yang berkepentingan dapat menggunakan data untuk menjelaskan dinamika suatu fenomena yang terjadi dalam suatu waktu dan mempertajam analisa sebelum mengambil keputusan atau kebijakan.

    “Presiden Jokowi selalu mengingatkan kita betapa pentingnya data untuk mendukung suksesnya kegiatan. Bahkan beliau mendorong untuk terbentuknya Satu Data Indonesia dan sudah menandatangani Perpres No. 39 tahun 2019 tentang Satu Data Indonesia.” Ujarnya

    Oleh Karena itu, lanjut dia, sebagai penyedia maupun pengguna data harus meningkatkan kerjasama demi terwujudnya hal tersebut.

    “Kerjasama untuk Satu Data ini dapat kita wujudkan salah satunya dalam penyusunan Kabupaten Minahasa dalam Angka 2019. Ini  merupakan publikasi tahunan yang diterbitkan oleh BPS Kab. Minahasa. Data-data yang terdapat dalam publikasi ini merupakan gabungan dari data yang diberikan oleh SKPD-SKPD dan instansi-instansi lain yang ada di Kab. Minahasa serta data BPS.” Terangnya.

    DiakHir sambutan Korengkeng berharap publikasi Minahasa Dalam Angka 2019 dapat bermanfaat bagi semua pihak yang menggunakan demi keberhasilan pembangunan Kab. Minahasa.

    “Untuk itu mengingat pentingnya kegiatan ini beliau meminta kita untuk mengikuti kegiatan ini dengan baik. Berikan data yang sesuai dengan keadaan sebenarnya, pebaiki jika data tersebut kurang sesuai dengan keadaan, berikan penjelasan terkait fenomena yang ada jika kenyataannya data tersebut mengalami penurunan/kenaikan yang ekstrim.” Ujarnya

    Selanjutnya Korengkeng mengingatkan bahwa publikasi ini bukan milik BPS namum milik kita bersama karema mencerminkan wajah Kab. Minahasa, wajah kita semua.

    (Jonly bamz)
    • Comments
    • FB Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Pemkab dan BPS Minahasa Gelar Focus Discussion Group Rating: 5 Reviewed By: elnusanews/com
    Scroll to Top