• Berita Terbaru

    July 15, 2019

    elnusanews/com July 15, 2019

    Hearing Dengan Komisi IV, Grace Punuh Jelaskan Permasalahan Penerimaan Siswa Secara Online


    DEPROV,Elnusanews -- Menindaklanjuti aspirasi dari masyarakat mengenai banyaknya siswa yang tidak diterima di sekolah lewat jalur PPDB online, Komisi IV Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sulut yang membidangi pendidikan, Senin (15/07/2019) siang, menggelar hearing bersama Dinas Pendidikan Daerah (Disdikda) Sulut.

    Dalam rapat hearing yang dipimpin oleh Ketua Komisi IV, James Karinda. SH, Kadis Dikda Sulut Grace Punuh, diminta untuk menjelaskan kendala selama proses PPDB online dengan sistem zonasi.
    "Ada kendala apa selama menggunakan sistem zonasi silahkan dijelaskan," tegas Karinda.

    Selain menyorot soal kendala proses penerimaan mahasiswa lewat jalur online, komisi IV juga menyorot soal alokasi anggaran untuk bidang pendidikan yang dinilai belum 20 persen sebagaimana mestinya.

    Menanggapi permasalahan tersebut, Kepala Dikda Provinsi Sulut, Grace Punuh mengatakan pihaknya mengalami kendala pada banyaknya siswa yang mendaftar.

    "Dari hasil rapat dikda dengan para kepsek, kami menemukan tiga identifikasi masalah yakni, sekolah banyak pendaftar namun kekurangan ruang kelas,kekurangan pendaftar online karena masalah di transportasi," jelas Punuh.

    Lanjut, terkait identifikasi masalah tersebut, dikda telah menemukan solusinya.

    " Strategi jangka pendek yakni kerjasama dengan dinas perhubungan terkait adanya jalur-jalur kendaraan umum baru untuk ke sekolah. Strategis jangka menengah seperti memperbolehkan siswa yang menumpang tinggal di rumah sanak keluarga untuk sekolah di sekolah terdekat dengan mencantumkan surat keterangan domisili. Sedangkan strategi jangka panjang ada penambahan Rombongan Belajar (Rombel) atau penambahan fasilitas kelas yang sesuai persyaratan haru menyurat ke kementrian,” ungkap Grace Punuh seraya menambahkan seluruh strategi yang dilakukan itu guna peningkatan kwalitas pendidikan Sulut," tandasnya.

    Hadir dalam rapat tersebut, Sekretaris Komisi Inggried Sondakh, anggota Norry Supit dan Meiva Salindeho. Me Sedangkan pihak Disdikda Sulut dihadiri langsung Kadis Dikda Sulut dr. Grace Punuh dan jajaran Kepala Sekolah (Kepsek) SMA N 1 Manado, SMA N 3 Manado, SMA N 4 Manado, SMA N 7 Manado, SMA N 9 Manado. (RaKa)

    • Comments
    • FB Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Hearing Dengan Komisi IV, Grace Punuh Jelaskan Permasalahan Penerimaan Siswa Secara Online Rating: 5 Reviewed By: elnusanews/com
    Scroll to Top