• Berita Terbaru

    July 17, 2019

    elnusanews/com , July 17, 2019

    OD-SK Harap Kab/Kota Buat Iven Menarik Wisatawan


    SULUT,Elnusanews - Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey melalui Wakil Gubernur Steven O.E. Kandouw membuka secara resmi Festival Pesona Bunaken 2019 di Manado Town Square, Rabu (17/7/2019).
    Pada event pariwisata unggulan berkelas internasional yang masuk dalam 100 Calendar of Event Wonderful Indonesia 2019 ini Wagub Kandouw mengapresiasi dukungan Presiden Joko Widodo atas pengembangan pariwisata Sulut dengan menetapkan sektor pariwisata sebagai super prioritas.
    “Dua minggu lalu Presiden Jokowi meninjau pariwisata Sulut. Sektor pariwisata bisa jadi andalan,” kata Kandouw.
    Kandouw menuturkan, pengembangan pariwisata harus terpadu agar potensi besar pariwisata di Sulut dapat menarik lebih banyak lagi wisatawan baik mancanegara dan domestik yang berdampak pada meningkatnya perekonomian Sulut.
    “PDRB yang disumbangkan sektor pariwisata di Sulut semakin besar. Artinya pariwisata harus ditangani serius,” beber Kandouw.
    “Tidak ada kata lain tidak boleh parsial tapi harus holistik termasuk sumber daya manusia, infrastruktur dan faktor lainnya serta harus melibatkan semua stakeholder,” sambung Wakil Gubernur.
    Oleh karena itu, Kandouw mengajak seluruh pemerintah kabupaten dan kota di Sulut untuk selalu bersinergi dengan pemerintah provinsi dan pemerintah pusat.
    “Jangan ada ego sektoral. Tanpa koordinasi jangan harap tujuan pariwisata dapat tercapai,” tandas Kandouw.
    Usai sambutan, Wagub Kandouw bersama Sekdaprov Edwin Silangen, jajaran Kementerian Pariwisata dan para pejabat Pemprov Sulut meninjau stan pameran Festival Pesona Bunaken yang menampilkan produk unggulan dari berbagai daerah di Indonesia.
    Pameran ini menjadi wahana interaksi, selain antara penjual dan pembeli, juga antar pelaku usaha untuk menjalin komunikasi bisnis dan memperluas jaringan pemasaran.
    Disamping itu, Kandouw juga melepas peserta karnaval yang menampilkan pentas seni budaya daerah Sulut.
    Diketahui, Festival Pesona Bunaken yang berlangsung mulai tanggal 17 hingga 20 Juli 2019 ini dapat menarik minat wisatawan berkunjung ke Sulut untuk menyaksikan beragam kegiatan yang menarik dalam event tersebut. Diantaranya ada food festival, permainan, pertunjukan musik, liveaboard Bunaken Sail trip, kompetisi Underwater Photography dan triathlon.
    Selain itu, Festival Pesona Bunaken akan diisi dengan kompetisi memancing, dan coastal cleanup atau bersih-bersih pantai dan bawah laut. Di puncak acara, akan dilaksanakan pengumuman kompetisi dan penyerahan hadiah, karnaval budaya, pertunjukan musik dan acara penutupan.
    Pariwisata Sulut semakin berkembang. Bahkan belum lama ini Kementerian Pariwisata RI bahkan menobatkan Sulut sebagai The Rising Star sektor pariwisata Indonesia karena mampu mendorong pertumbuhan kinerja pariwisatanya hingga 600% dalam empat tahun terakhir.
    Wisatawan mancanegara (wisman) yang berkunjung ke Sulut, pada 2015 sebanyak 20 ribu, tahun 2016 meningkat menjadi 40.000 atau dua kali lipat. Selanjutnya pada 2017 sebanyak 80.000, dan tahun 2018 meningkat menjadi 120.000.
    Begitu juga pergerakan wisatawan nusantara (wisnus) dari sekitar 2 juta menjadi 4 juta atau dua kali lipat, 200 persen, padahal di daerah lain hanya sekitar 5 persen sampai 10 persen.

    (ROKER)

    • Comments
    • FB Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: OD-SK Harap Kab/Kota Buat Iven Menarik Wisatawan Rating: 5 Reviewed By: elnusanews/com
    Scroll to Top