• Berita Terbaru

    July 17, 2019

    elnusanews/com July 17, 2019

    Sekda Dukung Pemekaran 5 Kecamatan Kepulauan Minut

    MINUT, Elnusanews--  Wacana untuk pemekaran lima kecamatan di kepulauan yang diusulkan oleh Anggota DPRD Minut Denny Sompie pada beberapa waktu lalu, mendapat dukungan Sekertaris Daerah (Sekda) Minut Ir. Jemmy H Kuhu MA.

    Kepada elnusanews.com di kantor bupati, Sekda menuturkan, jika pemekaran di wilayah kepulauan yang ada di Likupang dan Wori sangat baik karena bisa lebih mendekatkan pelayanan pemerintah kepada masyarakat.

    "Untuk dilakukan pemekaran kecamatan harus sesuai dengan prosedur atau persyaratan yang sudah diatur dalam PP 17 Tahun 2019 tentang pemekaran kecamatan. Dalam peraturan tersebut, ada persyaratan yang paling penting dipenuhi yakni letak geografis dan jumlah penduduk.
    Namun sebelum dilakukan pemekaran kecamatan, harus lebih dahulu dilakukan pemekaran desa. Sebab pemekaran kecamatan akan membutuhkan proses hingga ke pemerintah pusat,” kata Kuhu.

    Sebelumnya, sanggota DPRD Minut dapil Likupang Denny Sompie mendesak perlunya pemekaran kecamatan di wilayah kepulauan agar masyarakat tidak membutuhkam waktu dan jarak yang jauh guna mendapatkan pelayanan pemerintah.

    Adapun kecamatan yang baru perlu dimekarkan adalah Kecamatan Mantehage, Kecamatan Nain, Kecamatan Talise, Kecamatan Gangga dan Kecamatan Bangka. Pemekaran kecamatan ini perlu karena tidak ada moratorium. “ Sebab moratorium hanya pemekaran Kabupaten/Kota dan belum berlaku untuk kecamatan,” tutup Sompie. (Tommy)
    • Comments
    • FB Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Sekda Dukung Pemekaran 5 Kecamatan Kepulauan Minut Rating: 5 Reviewed By: elnusanews/com
    Scroll to Top