• Berita Terbaru

    August 09, 2022

    elnusanews/com , August 09, 2022

    Tomohon Hebat! TIFF 2022 Jadi Titik Balik Pariwisata Sulut



    TOMOHON,Elnusanews - Perhelatan akbar TIFF (Tomohon International Flower Festival) 2022 resmi dibuka dengan agenda utama TOF (Tournament Of Flower) atau parade kendaraan hias, senin (8/8/2022).



    TOF kali ini diikuti 23 float, termasuk 5 negara yang ikut serta yakni USA Kota Pasadena, Jepang, Korea Selatan, Belanda dan Singapura, selain itu beberapa daerah di Sulawesi Utara, unsur Bank - Perusahaan dan Lembaga lainnya, kolaborasi dengan fashion carnival, kelompok drum band, bendi hias dan berbagai tampilan lainnya, dengan rute start kompleks hanggar Kakaskasen > Biara Karmel Theresia > Mako Rindam XIII Merdeka > pusat Kota Tomohon > tugu Tololiu > perempatan Cool supermarket > Kantor Lurah Walian > finish di Stadion Babe Palar.



    Rangkaian kegiatan TIFF 2022 dibuka oleh Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey SE didampingi Wakil Gubernur Drs Steven O E Kandouw ditandai pemukulan tetengkoren.

    Gubernur saat membuka kegiatan mengatakan melalui gelaran TIFF tentu banyak harapan masyarakat seperti peningkatan perekonomian masyarakat. 

    Kita patut bersyukur karena pengendalian covid 19 di Sulut berjalan baik dan semuanya atas peran dari seluruh masyarakat Sulut, sehingga kegiatan ini juga boleh dilaksanakan.

    Pertumbuhan ekonomi di Sulut meningkat diatas rata-rata Nasional, peningkatatan ini didalamnya pengaruha dari hasil pertanian di Sulut termasuk hasil para petani bunga di Kota Tomohon.

    Hal ini harus kita dorong, termasuk meningkatkan kepariwisataan di Sulut yang ditopang dengan berbagai kegiatan seperti TIFF.

    Apresiasi kepada kepada Kementerian Pariwisata yang terus mendukung berbagai kegiatan di Sulawesi Utara didalamnya gelaran TIFF.

    Staf Ahli Menteri Bidang Manajemen Krisis Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI Fadjar Hutomo ST MMT CFP dalam sambutan mengapresiasi Pemerintah Kota Tomohon atas komitmen dalam melaksanakan TIFF sejak tahun 2008 sampai saat ini, dan hal ini tentu sesuatu yang tidak mudah.

    Selamat atas terselenggaranya TIFF 2022 yang merupakan salah satu karisma ivent Nusantara, ini adalah waktu yang tepat untuk bergandengan tangan berbagai pihak dalam berkontribusi untuk mendorong pemulihan ekonomi kreatif Nasional.

    Walikota Tomohon Caroll J A Senduk SH didampingi Wakil Walikota Wenny Lumentut SE menguraikan pasca covid 19 melanda, sektor pariwisata adalah hal yang terdampak secara langsung juga mempengaruhi perekonomian, sehingga diharapkan lewat gelaran event TIFF 2022 dapat mempengaruhi pemulihan dan penguatan ekonomi masyarakat Kota Tomohon secara khusus dan Sulut bahkan Indonesia secara luas lewat sektor pariwisata yang saat ini menjadi prioritas Presiden Joko Widodo.

    Dikatakannya TIFF tetap melibatkan potensi lokal Kota Tomohon, dimana semua bunga yang digunakan adalah hasil dari para petani bunga Kota Tomohon, demikian juga para dekorator float adalah warga masyarakat Kota Tomohon, tentu secara langsung menggerakkan perekonomian masyarakat dan mempengaruhi sektor lainnya.

    Diharapkan TIFF terus memberikan manfaat besar bagi seluruh komponen masyarakat Kota Tomohon.

    Pembukaan kegiatan didahului dengan ucapan selamat datang dari Ketua umum panitia TIFF 2022 Vonny Pangemanan.

    Saat pembukaan kegiatan, diserahkan juga Sertifikat Gereja Tua Sion Tomohon, sebagai situs cagar budaya peringkat Nasional oleh Menteri Pendidikan Kebudayaan RI melalui Kepala Badan Pelestarian Cagar Budaya Gorontalo UPT Kementerian Pendidikan  dan Kebudayaan Riset dan Teknologi RI Drs Muhammad Natsir MPd.

    Ditayangkan juga video ucapan salam dan ucapan selamat atas diselenggarakannya TIFF 2022 dari Walikota Pasadena California USA Mr Victor M Gordo, juga dari Menparekraf RI Sandiaga Uno.

    Sebelum pawai kendaraan hias, Walikota Tomohon bersama Konjen Filipina Ms Angelica Escalona, CDA Bosnia-Herzegovina Mr Momcilo serta Consuler General Japan in Makasar Mr Yasue Katsunobu melakukan penanaman bibit pohon cempaka, durian dan nantuk di lokasi Show Window Kakaskasen.

    Ikut hadir menyaksikan TOF, Ketua BPMS GMIM Pdt Hein Arina, Charge De Affairs Bosnia dan Herzegovina Mr Moncilo Vukovic, Konsulat Jenderal Jepang Mr Yasue Katsunobu, Konsul Muda Jepang Mr Kawase Naoto, Konsulat Jenderal Filipin Ms Angelica Escalona, Staf Ahli Sosial Budaya dan PMILN Kementerian Luar Negeri Duta Besar Siti Nugraha, Anggota DPR RI Adriana Dondokambey MSi, Anggota DPD RI Dr Maya Rumantir, Ketua umum TP PKK Pusat Tri Tito Karnavian, Nur Asia Uno istri dari Menparekraf RI, Kapolda Sulawesi Utara Irjen Pol Drs Mulyatno SH MM bersama unsur Forkopimda Provinsi Sulut, para Kepala Daerah di Sulut, Forkopimda Kota Tomohon, unsur DPRD Provinsi Sulut dan Kota Tomohon, Sekretaris TP PKK Provinsi Sulut dr Kartika D Kandow-Tanos MARS, ketua TP PKK Kota Tomohon Ny drg Jeand'arc Senduk-Karundeng bersama Sekretaris TP PKK Ny Eleonora Lumentut-Sangi, unsur pejabat Jajaran Pemkot Tomohon, unsur sponsor bersama jajaran BUMN dan BUMD, dan undangan lainnya.


    (adv Kominfo Tomohon)

    • Comments
    • FB Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Tomohon Hebat! TIFF 2022 Jadi Titik Balik Pariwisata Sulut Rating: 5 Reviewed By: elnusanews/com
    Scroll to Top