• Berita Terbaru

    August 08, 2019

    elnusanews/com , August 08, 2019

    OD-SK Pastikan Hewan Kurban Tercukupi dan Kondisi Sehat Serta Bebas Penyakit

    Distanak Sulut bekerjasama dengan Distanak Kota Manado menerjunkan tim dokter hewan untuk memeriksa langsung kondisi kesehatan hewan kurban.

    SULUT,Elnusanews - Jelang Idul Adha 1440 H, Pemerintah Provinsi Sulut melalui Dinas Pertanian dan Peternakan (Distanak) melaksanakan pemeriksaan dan pengawasan hewan kurban sebelum di sembeli.
    Distanak Sulut bekerjasama dengan Distanak Kota Manado menerjunkan tim dokter hewan untuk memeriksa langsung kondisi kesehatan hewan kurban.
    "Tim yang diterjunkan ini akan memastikan calon hewan kurban dalam kondisi sehat dan bebas penyakit. Kami ingin memastikan kondisi calon hewan kurban itu sehat dan bebas dari penyakit," ujar Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Sulut, Novly Wowiling melalui Kepala Bidang Peternakan Sulut, Henny Kambey kepada elnusanews.com, Kamis (8/8/2019) saat melakukan pemantauan dan pengawasan di UPTD Rumah Poton Hewan (RPH) Manado.
    Lanjutnya hewan kurban juga diperiksa secara medis, apakah mereka terjangkut penyakit seperti cacing hati dan penyakit lain. Jika hewan kurban dinyatakan sehat, maka akan diberikan tanda layak kurban dan cap kesehatan resmi dari Distanak provinsi.
    "Hewan yang layak potong kurban itu cirinya sehat, tidak cacat, cukup umur dua tahun untuk sapi. Nah nanti tim akan memastikan kurban layak untuk disembelih. Jika dinyatakan layak kurban, maka kami beri tanda layak kurban dan surat keterangan kesehatan hewan resmi," ujarnya.
    Adapun pemantauan hewan kurban yang dilakukan oleh tim meliputi pasar Bersehati Manado dan UPTD RPH Manado. Pemantauan dan pengawasan ternak hewan kurban ini juga akan berkelanjutan di daerah kab/kota yang ada di wilayah Sulawesi Utara.

    (ROKER)

    • Comments
    • FB Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: OD-SK Pastikan Hewan Kurban Tercukupi dan Kondisi Sehat Serta Bebas Penyakit Rating: 5 Reviewed By: elnusanews/com
    Scroll to Top