• Berita Terbaru

    August 04, 2022

    elnusanews/com , August 04, 2022

    Tim Pora bersama Pemkot Tomohon Gelar Rakor Pengawasan Orang Asing



    TOMOHON,Elnusanews - Rapat Koordinasi Tim Pora (Tim Pengawasan Orang Asing) Kota Tomohon dilaksanakan di Grand Master Resort, kamis (4/8/2022).

    Tim Pora adalah tim yang terdiri dari Instansi dan atau Lembaga Pemerintah yang mempunyai tugas dan fungsi terkait dengan keberadaan dan kegiatan orang asing di suatu daerah.

    Kepala Kantor Imigrasi Kelas I TPI Manado Muhammad Akmal SH sebagai unsur pelaksana menjelaskan dasar kegiatan ini diantaranya UU No 6 Tahun 2011 tentang Keimigrasian, UU No 14 Tahun 2008 tentang leterbukaan informasi publik dan Peraturan Menteri Hukum dan HAM No 50 Tahun 2016 tentang tim pengawasan orang asing.

    Untuk susunan Tim Pora tingkat Kota Tomohon terdiri dari 40 orang perwakilan dari Instansi.

    Kegiatan dibuka oleh Wakil Walikota Tomohon Wenny Lumentut SE. 

    Wakil Walikota kesempatan itu membacakan sambutan Walikota Caroll J A Senduk SH. 

    Dalam sambutan dikatakan kiranya melalui kegiatan ini, kita dapat mendeteksi potensi pelanggaran yang terjadi oleh orang asing.

    Diharapkan dengan keterlibatan Instansi di Kota Tomohon, didalamnya Camat dan Lurah, kita dapat peka melihat situasi dan kondisi yang ada agar masyarakat lebih menyadari keberadaan orang asing disekitarnya, mengetahui kegiatannya, kesesuaian izin tinggalnya dan mengetahui kemana harus melapor apabila ditemukan permasalahan terkait orang asing.

    "Apresiasi kepada pihak Kantor Imigrasi Kelas I TPI Manado yang terus memberi perhatian dan mengingatkan pemerintah Kota Tomohon melalui kegiatan yang dilaksanakan saat ini.

    "Kaitan dengan pengawasan terhadap orang asing. Melalui momentum rakor ini, mari kita manfaatkan kegiatan ini sehingga berdampak positif bagi kemajuan dan kesejahteraan masyarakat Kota Tomohon," imbuh Wawali WL.

    Narasumber dalam kegiatan ini Kepala Divisi Keimigrasian Kanwil Kemenkumham Sulut Friece Sumolang SH MH.

    (roker/*)


    • Comments
    • FB Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Tim Pora bersama Pemkot Tomohon Gelar Rakor Pengawasan Orang Asing Rating: 5 Reviewed By: elnusanews/com
    Scroll to Top