• Berita Terbaru

    October 05, 2022

    elnusanews/com October 05, 2022

    6 Dimensi Smart City Sudah Dilaksanakan, Pemkot Evaluasi Program Gerakan Menuju Kota Cerdas



    TOMOHON,Elnusanews - Walikota Tomohon Caroll Joram Azarias Senduk, SH yang diwakili oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Kota Tomohon Dra. Lilly Ester Solang, Mengikuti Evaluasi Program Gerakan Menuju Kota Cerdas (Smart City) pada hari Rabu, Tanggal 5 Oktober 2022 bertempat Ruang Rapat Sekretariat Daerah.
    Pada kesempatan ini Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Kota Tomohon memaparkan program-progam smart city yang sudah dilaksanakan oleh Pemerintah Kota Tomohon dari 6 (enam) dimensi smart city yaitu Smart Governance, Smart Branding, Smart Economy, Smart Living, Smart Society dan Smart Environment.
    Selanjutnya dilaksanakan diskusi dan tanya jawab dari Tim Assesor Smart City Nasional diantaranya, Ibu Rini Rachmawati sebagai Akademisi Universitas Gadjah Mada, Bapak Hari Kusdaryanto dari CitiAsia .Inc, Bapak Teddy Sukardi dan Ibu Mariam Barata dari Ikatan Konsultan Teknologi Informasi Indonesia.
    Sejak dilaunching pada Tahun 2017 ”Gerakan Menuju 100 Smart City”, berdasarkan hasil assessment tim ahli yang bekerjasama dengan Kemkominfo terpilihlah Kota Tomohon menjadi salah satu daerah yang masuk dalam program pendampingan dan menjadi 25 kota dan kabupaten pertama sebagai pilot project yang dibina.
    Adapun target pembangunan Kota Pintar (Smart City) nasional, akan melahirkan pemerintah daerah yang solutif dalam menangani masalah ekonomi, penduduk, birokrasi, transportasi serta lingkungan hidup. Agenda lain yang juga diselesaikan dalam Smart City yakni menghubungkan infrastruktur fisik, infrastruktur IT, infrastruktur sosial dan bisnis infrastruktur untuk meningkatkan pembangunan kota.
    Dalam rangka menjawab Visi Misi dari Walikota Bapak Caroll Joram Azarias Senduk, SH dan Wakil Walikota Bapak Wenny Lumentut, SE, Kota Tomohon periode 2021-2024, terkait pembangunan lima tahun kedepan, Dokumen Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kota Tomohon Tahun 2021-2026 telah memuat tujuan dan sasaran serta sebelas prioritas pembangunan daerah termasuk dua puluh program unggulan, diantaranya program Smart City.
    Turut hadir dalam kegiatan ini, Kepala Dinas Kominfo, Royke A. Roeroe SP, MAP, Inspektur, Jeane A. Bolang, SH, MH, Kepala Dinas PMPTSP, Ir. Ervins D.H. Liuw, Msi, Kepala BPKPD, Drs. Geraldus E. Mogi, Kepala Dinas PUPR, Ir. Enos A.A. Pontororing, Msi, Kepala Disdukcapil, Albert J. Tulus, SH, Kepala BPBD, Hengkie Y. Supit, SIP, Kepala Dinas Kesehatan, dr. Jhon J. L. Lumopa, Kepala Dinas Perhubungan, Joppie R. Kalangi, SH, Kepala Dinas Koperasi dan UKM, Ir. Nova S. Rompas, Kepala Dinas Perkim, Joice C. L Taroreh, ST, MSi, serta pejabat eselon III dan staf perwakilan dari Perangkat Daerah Pemerintah Kota Tomohon. (roker/*)

    • Comments
    • FB Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: 6 Dimensi Smart City Sudah Dilaksanakan, Pemkot Evaluasi Program Gerakan Menuju Kota Cerdas Rating: 5 Reviewed By: elnusanews/com
    Scroll to Top